Ingin Tetap Sehat Saat Liburan? Perhatikan Tips Liburan Berikut Ini

Bisa sehat saat liburan adalah impian semua orang. Apalagi setiap orang kini memiliki kegiatan tersendiri yang harus dilakukan sepanjang hari. Sehingga, tanpa disadari hal ini membuat mereka mengalami stress yang berkepanjangan. Maka dari itulah, salah satu cara terbaik untuk menghindari stres adalah dengan cara liburan diwaktu senggang ataupun disaat liburan tiba.

Liburan itu sendiri tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan fisik saja. Namun, liburan juga baik untuk menjaga kesehatan mental seseorang. Maka dari itulah, saat liburan mulai tiba, banyak orang mulai tidak sabar untuk menikmati liburan mereka. Entah itu dengan cara berlibur di sekitaran rumah ataupun bahkan di luar kota.

Namun meskipun liburan terdengar menyenangkan, sebaiknya perhatikan juga kesehatan Anda. Anda harus tahu bagaimana cara membuat tubuh Anda sehat saat liburan. Dengan begitu, Anda bisa menikmati hari libur Anda dengan maksimal. Sebelum membahas tentang tips liburan, perhatikan dulu manfaat liburan untuk kesehatan Anda berikut ini.

sehat saat liburan
Unsplash.com

Manfaat Liburan untuk Kesehatan 


Pertama, liburan baik untuk kesehatan mental. Ini baik sekali untuk mereka yang mengalami stress dalam jangka pendek dan jangka panjang. Stress yang berkepanjangan bisa menimbulkan depresi. Selain itu, jika hal ini tidak segera diatasi, orang yang stress akan mengalami penurunan kemampuan dalam melakukan kegiatan sehari-hari karena merasa lelah dengan rutinitasnya.

Berdasarkan salah satu penelitian yang pernah dilakukan di Wisconsin menyebutkan bahwa resiko seseorang yang depresi jauh lebih tinggi pada orang yang tidak melakukan liburan dibandingkan mereka yang liburan setidaknya 2 tahun sekali. Bahkan, berdasarkan penelitian lainnya menyebutkan bahwa liburan dan rekreasi ternyata bisa meningkatkan emosi secara positif.

Kedua, liburan juga baik untuk menjaga kesehatan fisik seseorang. Selain bisa menenangkan pikiran, liburan juga dapat memberikan stimulasi pada sistem imun agar bekerja dengan baik. Karena lingkungan baru yang menyenangkan dari tempat liburan bisa meningkatkan sel darah putih agar tubuh bisa terlindung oleh infeksi tanpa obat.

Itu artinya, liburan yang Anda lakukan ini akan membuat sistem imun semakin lebih kuat tanpa bantuan obat-obatan kimia. Seperti yang diketahui, obat-obatan kimia yang dikonsumsi setiap hari tidak baik untuk kesehatan. Meskipun maksudnya baik, namun tetap saja yang namanya obat kimia tetap akan berdampak negatif pada tubuh. Karena obat bisa mengendap dalam tubuh.

Dampak Negatif jika Kekurangan Liburan 


Melihat bahwa liburan itu baik untuk kesehatan, tentu saja Anda tidak ingin mengalami dampak negatif karena kekurangan liburan bukan? Salah satu dampak negatif untuk mereka yang kekurangan liburan adalah pasti akan mengalami stres dan mengalami perkembangan penyakit yang signifikan. Jadi hormon kortisol yang umumnya berhubungan dengan inflamasi dan imunitas menjadi terganggu.

Akibatnya, kondisi otak mengalami tekanan yang berlebihan. Sehingga, hal ini menyebabkan stress kronis. Dimana orang yang tidak bisa mengontrol stressnya dan bekerja dengan jam yang super padat setiap hari akan menimbulkan depresi dan menurunkan kualitas hidupnya. Untuk waktunya sendiri sebenarnya tak harus lama dan bepergian jauh.

Liburan bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan waktu untuk menenangkan pikiran dengan cara melakukan kegiatan di luar rumah. Selain itu, liburan juga bisa dilakukan dengan cara melakukan sesuatu yang berkaitan dengan hobby yang tidak dapat dilakukan ketika bekerja. Meskipun efek relaksasinya Cuma sebentar, namun liburan sederhana ini bisa membuat stress Anda berkurang.


Tips Liburan agar Tetap Sehat


1. Untuk membuat badan sehat saat liburan, sebaiknya perhatikan kebersihan tangan. Ini adalah cara paling mudah untuk menjaga kesehatan tubuh. Selalu cuci tangan sebelum makan dan sesudah melakukan kegiatan saat liburan agar terhindar dari transmisi kuman. Bila perlu, bawa tisu basah dan hand sanitizer kemanapun Anda pergi agar Anda terhindar dari penyakit dan iritasi.

2. Anda juga harus tetap menjaga hidrasi tubuh dengan baik, jika ingin sehat saat liburan. Bawalah botol air minum sendiri untuk menjaga hidrasi tubuh disaat liburan. Selain lebih hemat, cara ini bisa memberikan energi pada tubuh, mencegah terjadinya sakit kepala karena kekurangan air, dan bisa mengurangi terjadinya resiko konstipasti selama liburan.

3. Agar tubuh tetap sehat saat liburan, sebaiknya jangan makan berlebihan. Makanlah sebanyak 80% kenyang. Jadi, jaga porsi makan, jangan sampai berlebihan saat melihat meja buffet. Pilih hidangan yang bernutrisi dan berkualitas agar Anda tetap memiliki energi yang cukup untuk menikmati liburan Anda agar terasa lebih nyaman.

Selain beberapa hal di atas, sebaiknya perbanyak makan buah yang tinggi nutrisi vitamin didalamnya selama liburan. Salah satu vitamin terbaik saat liburan adalah vitamin C. Karena nutrisi ini bisa membuat sistem imun menjadi kuat. Dengan begitu, tubuh tidak mudah sakit dan tetap sehat saat liburan selama liburan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel