Inilah Tips Tidak Mudah Sakit Saat Mudik Lebaran

Mudik lebaran merupakan momen yang ditunggu-tunggu menjelang hari raya Idul Fitri. Sewaktu mudik, banyak hal yang perlu Anda persiapkan, mulai dari persiapan makanan, pakaian, kendaraan, dan yang terpenting kesehatan. Sebab, jika tubuh tidak sehat, maka perjalanan pun akan terganggu. Tidak dipungkiri lagi, jika kegiatan mudik ini menghabiskan banyak energi.

Tubuh yang kehabisan energi selanjutnya menjadikan tubuh kelelahan. Sewaktu tubuh berada dalam kondisi seperti itu, ancaman terserang penyakit maupun kecelakaan pun meningkat. Oleh karena itu, menjaga kesehatan tubuh sebelum dan saat berangkat mudik lebaran pun wajib Anda lakukan guna menghindarkan Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan mudik. 

Seperti yang Anda ketahui perjalanan mudik cukup menguras tenaga dan pikiran. Baik kelelahan akibat jarak tempuh, kemacetan hingga cuaca, hal-hal tersebut kerap kali membuat Anda jatuh sakit. Oleh karena itu, untuk menghindari kemungkinan tersebut, berikut ini beberapa tips tidak mudah sakit saat Mudik Lebaran yang wajib Anda coba.

mudik lebaran
Foleon.com

Kebutuhan Air Putih yang Harus Tercukupi


Pada umumnya, para pemudik tidak banyak minum saat perjalanan mudik karena takut buang air kecil akan terlalu sering. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa saat mudik lebaran Anda malah wajib minum banyak air putih. Sebab, minum air tidak hanya meredakan dahaga, tetapi juga berfungsi untuk menjaga kelembaban tubuh. 

Selain itu, kurangnya asupan air mengakibatkan berkurangnya konsentrasi serta badan terasa lemas. Air juga berperan dalam pengedaran oksigen di dalam tubuh serta membantu mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan tubuh. Apabila tubuh kekurangan cairan, maka organ-organ di tubuh tidak dapat bekerja dengan efektif termasuk sistem kekebalan tubuh Anda. 

Alasan memperbanyak minum air berkaitan dengan kesehatan ginjal. Apabila asupan cairan terpenuhi, maka kinerja ginjal akan maksimal. Kebutuhan air setiap orang berbeda-beda, bergantung pada usia, kondisi kesehatan, dan aktivitas yang dilakukan. Kebutuhan air yang diperlukan anak-anak dan orang dewasa berkisar 1200 ml hingga 2000 ml atau sekitar 8 gelas sehari.

Jadi, pemudik wajib mencukupi kebutuhan air putih. Apabila Anda melakukan perjalanan mudik sewaktu bulan Ramadhan saat Anda masih berpuasa, maka aturan minum air disesuaikan dengan konsep 2-4-2. Minum paling tidak dua gelas air pada sewaktu sahur Empat gelas air pada saat berbuka serta dua gelas air sebelum tidur.

Pentingnya Suplemen Agar Tetap Bugar


Seperti yang Anda ketahui, banyak kasus kecelakaan saat mudik lebaran diakibatkan oleh rasa lelah saat melakukan perjalanan. Rasa lelah akibat perjalanan mudik meliputi kelelahan secara fisik dan kelelahan secara mental. Pemudik yang kekurangan istirahat dan nutrisi pun rentan mengalami penurunan kosentrasi saat berkendara sehingga mengakibatkan terjadinya kecelakaan.

Oleh karena itu, pastikan Anda sudah mendapatkan istirahat yang cukup serta nutrisi yang diperlukan. Dalam pemenuhan nutrisi yang diperlukan, Anda bisa mengombinasikan makanan sehat dengan suplemen. Suplemen menyediakan nutrisi tambahan dan pelengkap agar tubuh tetap bugar sewaktu mudik. Suplemen yang mengandung vitamin dan mineral menjadikan tubuh Anda segar dan terjaga.

Apabila Anda ingin meningkatkan kewaspadaan dan suasana hati Anda, maka carilah suplemen yang mengandung rhodiola. Sebaliknya, jika Anda ingin meningkatkan kualitas tidur Anda, maka carilah suplemen yang mengandung magnesium. Apabila Anda ingin meningkatkan kekebalan tubuh Anda, maka carilah suplemen yang kaya akan vitamin seperti vitamin C dan vitamin D.

Apabila Anda lebih senang dengan suplemen yang alami, maka Anda dapat mengonsumsi madu, gingseng, jahe, maupun jamu. Suplemen tersebut tentunya dapat membantu menambah energi serta meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Pastikan Anda memililh suplemen yang teregistrasi oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) untuk mudik saat lebaran.

Membawa Bekal untuk Buka Puasa


Meskipun Anda mudik dalam keadaan berpuasa, tetap prioritaskan persiapan berbuka dengan membawa bekal. Terlebih lagi, jika Anda tidak berencana untuk berbuka di warung atau restoran. Pastikan Anda memenuhi asupan nutrisi yang Anda butuhkan termasuk asupan cairan agar tubuh Anda tidak lemas serta tidak mudah jatuh sakit saat perjalanan mudik.

Selain banyak mengonsumsi air mineral, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang bergizi karena makanan merupakan sumber energi bagi tubuh. Tidak hanya menjaga agar organ tubuh Anda dapat bekerja secara optimal, nutrisi dalam makanan seperti vitamin C, zat besi, dan protein berperan dalam mendukung sistem kekebalan tubuh.

Oleh karena itu disarankan sewaktu mudik setidaknya Anda membawa kurma atau coklat yang mengandung gula guna memulihkan energi Anda setelah seharian tidak mendapatkan asupan apapun. Roti sebagai pengganjal perut pengganti nasi. Buah-buahan seperti apel, jeruk, atau bahkan anggur untuk mengembalikan stamina. Mudah-mudahan Anda mendapatkan informasi yang Anda butuhkan khususnya mengenai tips tidak mudah sakit saat mudik lebaran.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel