Apa Itu Hernia? Ketahuilah Cara Mencegah Hernia Agar Hidup Lebih Sehat

Membekali diri anda dengan pengetahuan cara mencegah hernia memang sangat penting. Mungkin terdapat beberapa anggapan yang menyebutkan bahwa penyakit hernia hanya diderita oleh kaum pria saja. Namun, kenyataannya kaum wanita juga berpotensi untuk terserang penyakit hernia. 
Sebenaranya apa itu hernia? Sebelum membahsa tentang cara mencegahnya, alangkah lebih baik jika anda mengetahui tentang penyakit hernia terlebih dahulu. Hal ini untuk menyamakan persepsi anda tentang penyaktit hernia ini. 

Penyakit hernia itu ditandai dengan organ tubuh yang terlalu menekan sehingga mencuat melalui jaringan otot atau jaringat ikat yang lemah disekitarnya. Biasanya penyakit ini dialami oleh otot yang lemah pada angota tubuh kita. Banyak kasus hernia yang dialami oleh pria, yaitu pada bagian buah zakar yang turun akibat melemahnya otot. Makanya tidak heran jika penyakit hernia sering disangka sebagai penyakit yang dialami laki-laki saja.  

cara mencegah hernia
Unsplash.com

Hernia Ditandai Munculnya benjolan Pada Bagian Tubuh


Hernia biasanya ditandai dengan munculnya benjolan pada salah satu bagian tubuh. Gejala yang akan dialami oleh penderita hernia adalah rasa nyeri pada bagian tubuh yang mengalami benjolan tersebut. Nyeri itu disebabkan karena terdapat infeksi di dalam jaringan tubuh yang ada di dalamnya. Rasa nyeri akan semakin terasa apabila anda mengangkat atau membawa benda yang berat. Apabila semakin parah, bisa jadi benjolan tersebut lambat laun akan semakin membesar.

Hernia ini disebabkan oleh beberapa faktor yang membuat kondisi otot tertarik dan melemah. Diantaranya dapat disebabkan karena terlalu sering mengangkat beban berat. Selain itu bisa jadi karena adanya penumpukan cairan di rongga perut. Berat badan yang naik secara drastis dan tiba-tiba juga dapat menyebabkan hernia. Untuk dapat mencegah hernia tentu anda harus menghindarinya. Anda juga dapat mengetahui cara mencegah hernia melalui cara-cara di bawah ini. 

Mengonsumsi Buah-Buahan


Konsumsi buah-buahan memang dapat menjadi cara yang manjur untuk mencegah berbagai macam penyakit. Sehingga mengkonsumsi buah-buahan juga dapat menjadi salah satu cara mencegah hernia. Kandungan yang ada di dalam buah-buahan dapat menjadi pelindung tubuh dari serangan berbagai kuman atau virus penyebab penyakit. Sebagian besara buah juga banyak mengandung vitamin C. Tentu anda sudah mengetahui pentingnya vitamin C bagi manusia. 

Fungsi vitamin C bagi tubuh mampu untuk menjaga sistem imunitas tubuh agar tetap stabil. Sistem imunitas tubuh manusia adalah garda depan yang dapat menangkal serangan berbagai virus atau bakteri penyebab penyakit. Jadi, apabila sistem imun anda sedang menurun. Tentu saja virus serta bakteri akan mudah untuk masuk ke tubuh manusia. Sehingga virus pembawa penyakit akan dengan mudah menyebar ke seluruh tubuh. 

Sistem imunitas tubuh yang selalu terjaga melalui buah-buahan tentu mampu utuk melindungi tubuh kita. Dengan mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C memang dapat menangkal berbagai macam penyakit. Tidak terkecuali dengan penyakit hernia ini. Meskipun seabagian besar penyebab hernia berasal dari pola tingkah laku manusia. Namun tidak ada salahnya untuk menjaga asupan makanan anda agar terhindar juga dari berbagai macam penyakit yang lainnya.  

Berhenti atau Hindari Merokok


Merokok memang memiliki banyak sekali akibat yang tidak baik untuk tubuh. Baik bagi perokok aktif atau perokok pasif. Keduanya berpotensi untuk menderita berbagai macam penyakit. Dari banyaknya penyakit yang ditimbulkan dari merokok, salah satunya adalah dapat menyebabkan hernia. Efek yang akan dirasakan memang tidak langsung, melainkan dalam jangka waktu yang lama. Anda baru akan merasakan efek dari merokok setelah anda melalui masa bertahun-tahun merokok, termasuk penyakit hernia ini.  

Hernia biasanya muncul saat anda sudah tua. Apabila sewajtu remaja hingga tua sudah aktif merokok, maka sangat berpotensi sekali terkena hernia. Biasanya pada kasus ini dialami oleh laki-laki, yaitu ditandai dengan buah zakar yang menurun. Anda juga akan merasakan sakit dan nyeri yang luar biasa pada bagian yang terkena hernia. Tentu akan sangat berdampak pula pada proses reproduksi dan juga sekresi anda. 

Melihat dampak yang disebabkan, Anda sangat perlu untuk menghindari rokok sebagai cara mencegah hernia. Merawat dan melindungi tubuh anda adalah kewajiban diri anda sendiri. Sehingga rawatlah dengan sebaik-baiknya. Jangan biarkan zat-zat berbahaya yang ada di rokok masuk ke tubuh anda, atau bahkan ke tubuh orang di sekitar anda. Selain merugikan diri sendiri anda juga akan merugikan ornag lain. 

Itulah dua cara yang dapat dilakukan untuk mencegah hernia. Sebenarnya masih ada banyak yang dapat dilakukan seperti rutin berolahraga, menaga pola makan, memperbanyak konsumsi cairan tubuh dan tidak kalah penting yaitu menghindari mengangkat beban berat. Anda dapat memulainya dari hal-hal yag kecil terlebih dahulu. Kemudian membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga anda akan menjalani pola hidup sehat sebagai salah satu cara mencegah hernia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel