Tips Menjalankan Puasa Walaupun Sedang Mengalami Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan merupakan salah satu penyakit yang sering bermunculan terutama pada saat bulan puasa, penyebabnya juga beragam. Namun salah satu hal yang menjadi pemicu munculnya penyakit ini saat bulan puasa dikarenakan banyaknya Anda mengonsumsi minuman dingin ketika berbuka. Tentunya tidak sah berbuka jika tidak menggunakan minuman dingin dikarenakan menjadi segar. 

Namun hal tersebut dapat membuat anda berpotensi besar terkena sakit tenggorokan, apalagi jika sakit pada tenggorokan dapat membuat Anda tidak nyaman baik ketika berbicara maupun ketika makan nanti. Oleh sebab itu terdapat beberapa cara yang bisa mengatasi rasa sakit tersebut walaupun Anda sedang berpuasa sekalipun. Jadi Anda dapat sembuh dengan cepat.

Sakit tenggorokan
Pexels.com

Bernafas Melalui Hidung

Dilarang keras ketika Anda sedang sakit tenggorokan bernafas melalui mulut, sebab jika bernafas lewat mulut maka dapat membuat tenggorokan semakin kering dan akan terasa sekali rasa sakitnya. Jadi walaupun Anda sedang pilek sekalipun ada baiknya bernafas melewati hidung, karena banyak orang yang sedang pilek lebih memilih bernafas melewati mulut dibandingkan dengan hidung karena tersumbat.
Apabila hidung Anda tersumbat maka ada baiknya untuk menghirup uap panas agar tidak tersumbat sehingga bisa bernafas melewati hidung, apalagi bernafas melewati hidung jauh lebih bagus dibandingkan dengan mulut. Sebab dengan melewati hidung kotoran di udara dapat disaring dibandingkan dengan mulut yang tidak bisa disaring sehingga udara yang masuk adalah udara kotor. 

Menggunakan Masker dan Mengurangi Bicara

Jika Anda sedang mengalami masalah dengan tenggorokan maka ada baiknya jika mengurangi berbicara, sebab dengan berbicara terlalu lama maka hanya akan membuat tenggorokan menjadi kering sehingga akan membuat rasa sakit pada tenggorokan semakin terasa. Hal ini dikarenakan ketika Anda berbicara maka udara dan partikel asingnya seperti debu akan masuk ke tenggorokan Anda sehingga tenggorokan Anda akan semakin kering dan semakin sakit.
Oleh sebab itu ada baiknya jika Anda membatasi berbicara jika sedang sakit tenggorokan, selain itu untuk menghindari debu maupun kotoran lainnya masuk ke dalam tenggorokan maka ada baiknya jika Anda menggunakan masker. Jadi walaupun Anda berbicara juga tidak akan mudah masuk debu dan kotoran di dalam tenggorokan. Selain itu dengan adanya masker maka dapat membuat bau mulut sedang puasa tidak akan tercium oleh orang lain.

Berkumur Dengan Air Garam untuk Mengurangi Sakit Tenggorokan

Apabila Anda sudah berbuka maupun saat sahur maka ada baiknya jika Anda berkumur dengan garam, karena air garam dapat mengurangi iritasi pada tenggorokan sehingga dapat menjadi cepat sembuh. Ada baiknya jika Anda berkumur dengan air hangat sehingga tenggorokan Anda menjadi rileks sehingga tidak akan terasa sakit. Pastinya Anda hanya perlu melarutkan garam pada air hangat saja. 
Selain itu dilarang keras untuk menelan air garam tersebut ketika berkumur nanti, namun pada saat berkumur nanti pastikan bahwa air tersebut tidak hanya pada mulut saja namun juga harus menyentuh tenggorokan sehingga tenggorokan dapat menjadi berkurang rasa sakitnya. Apabila Anda tidak menyukai rasa air garam terlalu asin maka dapat mencampurkan dengan madu dimana madu dapat mengurangi iritasi pada tenggorokan. 

Mengonsumsi Makanan yang Mudah Ditelan dan Dicerna

Tentunya tenggorokan merupakan hal yang sangat penting dari sistem pencernaan, tanpa adanya tenggorokan maka makanan tidak dapat masuk ke dalam sistem pencernaan di dalam tubuh. Pastinya jika terdapat iritasi pada tenggorokan maka akan sangat sakit ketika menelan makanan, agar iritasi tidak bertambah parah maka ada baiknya jika Anda memilih makanan yang mudah untuk ditelan seperti salah satunya adalah sup ayam.
Jadi apabila sedang berbuka maupun sahur ada baiknya jika memilih makanan yang mudah untuk ditelan, serta jangan lupa untuk menghindari gorengan seperti kerupuk yang dapat membuat tenggorokan menjadi sangat sakit. Sebab ketika berbuka banyak sekali orang yang lebih menyukai gorengan sehingga membuat tenggorokan semakin bertambah sakit. Serta jangan lupa untuk mengonsumsi air dengan banyak sehingga rasa sakitnya dapat berkurang.

Menghirup Uap Air Panas 

Apabila Anda sedang radang tenggorokan yang disertai dengan hidung tersumbat maka ada baiknya jika mencoba mengihirup uap panas. Sebab uap panas dapat mengatasi rasa sakit tenggorokan maupun hidung tersumbat. Cara menggunakannya juga sangat mudah sebab Anda hanya perlu meletakkan air panas pada sebuah mangkuk dan hirup uap yang ada. 
Agar lebih terasa maka ada baiknya jika Anda menutup kepala dengan kain sehingga uap yang ada tidak akan keluar sehingga Anda bisa menghirup dengan nyaman. Tentunya cara yang satu ini tidak kalah ampuh dalam mengatasi permasalahan yang ada, sehingga tidak ada salahnya untuk Anda coba dalam mengatasi sakit tenggorokan. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel