Sakit Tenggorokan Saat Puasa? Berikut Obat Alami yang Dapat Anda Coba

Tentunya terkena sakit tenggorokan tidak akan mengenal waktu apakah itu saat puasa maupun hari lainnya, jadi tidak heran ketika puasa pun Anda berpotensi besar untuk mengalami sakit pada tenggorokan terutama jika Anda sering berbuka menggunakan air dingin dimana dapat membuat Anda menjadi pilek dan disertai dengan sakit pada tenggorokan. Namun Anda tidak perlu khawatir jika mengalami permasalahan ini.

Karena terdapat beberapa bahan alami yang bisa dijadikan sebagai obat untuk permasalahan ini, jadi dijamin Anda tidak akan repot dalam mencarinya. Karena sangat mudah untuk menemukan hal ini serta sangat murah harganya, oleh sebab itu tidak ada salahnya Anda mencobanya mengingat obat alami ini tidak kalah ampuh dari obat lainnya yang dijual di toko obat.

sakit tenggorokan
Pixabay.com

Mengatasi Sakit Tenggorokan Menggunakan Air Garam

Walaupun terlihat sederhana namun air ini sangat ampuh dalam mengusir radang tenggorokan, sebab air garam sendiri dapat ampuh dalam mengusir bakteri yang menyebabkan terjadinya radang pada tenggorokan. Namun sangat tidak dianjurkan untuk menelan air garam tersebut, akan tetapi Anda harus berkumur dengan air tersebut namun pastikan bahwa air tersebut menyentuh tenggorokan sehingga dapat menjadi lega dan tidak sakit lagi.
Tentunya cara membuatnya juga sangat mudah dimana Anda hanya tinggal melarutkan pada air saja dengan satu sendok garam, agar tenggorokan dapat menjadi lebih rileks maka ada baiknya menggunakan air hangat sehingga tenggorokan dapat menjadi lebih sedikit tenang dan rasa sakitnya dapat berkurang. Tentunya setiap rumah pasti memiliki garam, ditambah lagi garam merupakan penyedap yang sangat diperlukan di dapur.

Mengonsumsi Teh Lemon Madu

Salah satu cara meredakan sakit tenggorokan dengan cara yang enak adalah dengan mengonsumsi teh lemon madu, dimana Anda bisa membuatnya sendiri di rumah sehingga akan sangat mudah. Tentunya cara ini tidak kalah ampuh dengan cara lainnya sebab cara ini juga sangat enak, mengingat rasa teh lemon madu tidak kalah dari rasa teh lainnya.
Ampuhnya teh ini dalam mengatasi radang tenggorokan tidak terlepas dari kandungan di dalamnya, sebab madu sendiri dapat membantu dalam menghilangkan lendir di tenggorokan. Serta kandungan vitamin C dalam lemon dapat meningkatkan sistem imun Anda, jadi tubuh Anda dalam melawan virus dan bakteri yang menyebabkan munculnya radang tenggorokan ini sehingga tidak ada salahnya untuk dicoba. Tentunya sangat enak dikonsumsi saat panas apalagi jika Anda sedang pilek.

Mengonsumsi Susu yang Dicampur dengan Kunyit

Jika melihat namanya pasti Anda masih jarang mendengarkan serta sedikit aneh, sebab sangat jarang sekali susu dapat dicampur dengan kunyit. Namun obat tradisional yang satu ini tidak kalah ampuh dari obat lainnya dalam meredakan peradangan pada tenggorokan sekalipun. Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika Anda mengonsumsi susu hangat yang telah dicampur sedikit oleh kunyit.
Tentunya jangan berlebihan dalam mencampur kunyitnya karena dapat merubah rasa susu, pastinya terdapat alasan mengapa harus menggunakan kunyit. Karena di dalam kunyit terdapat kandungan senyawa yang bisa meredakan peradangan pada tenggorokan sehingga tidak akan terasa sakit tenggorokan. Oleh sebab itu tidak ada salahnya anda mencoba, apalagi susu hangat dapat membuat tenggorokan menjadi lebih rileks dan berkurang rasa sakitnya. 

Mengonsumsi Banyak Air Putih

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa air putih merupakan obat ampuh dalam mengatasi radang tenggorokan, tentunya walaupun sedang berpuasa maka pastikan bahwa Anda mengonsumsi air sesuai dengan kebutuhan. Mengingat fungsi air putih juga sangat penting untuk organ tubuh lain, ampuhnya air putih dalam mengatasi radang tenggorokan dikarenakan air putih dapat membersihkan lendir sehingga bisa meredakan sakit tenggorokan.
Serta air putih juga dapat menjaga kelembaban dalam tenggorokan, sebab tenggorokan yang kering dapat membuat rasa sakitnya lebih terasa. Tentunya akan sangat baik jika mengonsumsi air putih yang hangat, sehingga tenggorokan dapat menjadi lebih rileks sehingga rasa sakitnya berkurang. Sebab jika mengonsumsi air putih dingin maka percuma saja karena hanya akan membuat peradangan menjadi lebih parah, jadi ada baiknya ketika berbuka maupun sahur mengonsumsi air hangat saja.

Mengonsumsi Sup Ayam

Selain air putih maka tidak ada salahnya jika Anda mengonsumsi sup ayam, sebab sup ayam yang hangat tidak kalah ampuh dari air putih hangat. Karena di dalam sup ayam terdapat kaldu ayam, hal ini tentunya membuat sup ayam sangat kaya akan vitamin dan mineral sehingga dapat membuat kondisi tenggorokan Anda menjadi lebih membaik.
Serta di dalam sup ayam juga terdapat bawang putih, dimana bawang putih terdapat kandungan antibiotik yang sangat kaya sekali sehingga dapat menghilangkan bakteri maupun virus yang menyebabkan munculnya sakit tenggorokan. Jadi ada baiknya untuk menghindari gorengan dan mengonsumsi sup ayam apabila berbuka dan sahur nanti agar sakit tenggorokan dapat sembuh.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel