Sakit Flu Saat Puasa? Tenang Saja Inilah Cara Agar Puasa Tetap Lancar

Sakit flu saat berpuasa tentunya sangat menyiksa. Badan lemah karena rasa lemas dan demam membuat berpuasa menjadi dua kali lebih sulit, dan akan bertambah sulit jika pilek menyertai. Sulit bernafas, kepala pusing, tidur tidak nyenyak, bahkan makan pun tak enak, ketika hal ini datang terkadang Anda pun harus rela tidak berpuasa. 

Ketika terserang flu, Anda kurang bisa menikmati ibadah ramadhan, ditambah lagi proses penyembuhan yang lama karena waktu makan di bulan ramadhan terbatas di malam hari sehingga penyembuhan tidak berjalan optimal. Lantas bagaimana cara mengatasinya agar ibdah tetap lancar? Di sini akan dibahas mengenai cara dan tips agar Anda dapat bertahan puasa walau sedang flu.

Sakit flu
Unsplash.com

Penyebab Terserang Flu Saat Puasa

Bulan ramadhan memang menjadi waktu yang sulit melawan bakteri atau virus flu, karena tubuh menjadi lebih rentan ketika berpuasa. Kurangnya asupan makanan dan minuman membuat daya tahan tubuh menurun sehingga sakit flu, batuk, dan sakit tenggorokan seringkali datang. Beberapa penyebab Anda terserang flu di saat berpuasa adalah sebagai berikut:

  • Makan sahur yang terlalu sedikit dan tidak memenuhi kecukupan nutrisi (karbohidrat, protein,  mineral, serta vitamin).
  • Kurang minum air putih.
  • Kurang istirahat.
  • Kurang melakukan aktivitas.
  • Pergantian musim (pancaroba).

Selain sebab-sebab di atas, flu juga dapat menular melalui pernafasan, jabat tangan, atau sentuhan. Nah, jika di rumah ada yang terkena flu biasanya akan menular ke anggota keluarga yang lain. Begitupula jika di tempat kerja Anda ada yang tengah flu, ada kemungkinan Anda pun akan tertular jika kondisi badan tidak prima.

Namun, tak perlu khawatir, Sakit flu dapat diatasi ataupun dicegah sehingga Anda tetap dapat melakukan rutinitas harian, baik pekerjaan maupun ibadah di bulan ramadhan. Anda pun tidak memerlukan bantuan dokter untuk mengatasi flu atau pilek, karena sebagian besar kasus flu dapat sembuh dengan sendirinya jika daya tahan tubuh sudah membaik.

Cara Mengatasi Sakit Flu Saat Puasa

Sakit flu memang menyiksa apalagi disertai pilek atau batuk. Membatalkan puasa menjadi opsi pilihan jika sakitnya sudah tidak tertahankan. Namun, jika Anda masih ingin tetap berpuasa ketika terserang flu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut adalah cara yang bisa Anda terapkan agar puasa tetap bisa dijalankan walaupun flu mengganggu:

1. Perbanyak istirahat

Ketika flu sebaiknya perbanyak istirahat. Hindari aktivitas yang berat atau jika memungkinkan meminta cuti beberapa hari hingga sakit Anda berkurang. Cobalah untuk tidur siang, karena flu dapat membuat tubuh terasa lemah dan lemas. Tinggikan kepala ketika berbaring jika merasa kesulitan bernapas. Ini dapat membuat Anda lebih nyaman bernapas.

2. Jangan minum air yang terlalu dingin dan perbanyak minum air hangat saat sahur dan berbuka

Meminum air yang terlalu dingin apalagi es dapat membuat virus di tubuh Anda semakin berjaya, karena itu konsumsilah air hangat dan hindari kafein. Minumlah teh herbal seperti teh pepermint atau kamomil untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh Anda. Kamomil dapat mengurangi stress dan kelelahan, sedang pepermint dapat memberikan rasa lega di tenggorokan.

3. Konsumsi vitamin C saat sahur

Ketika berpuasa daya tahan tubuh Anda menurun sehingga Anda butuh asupan vitamin c lebih untuk membantu menjaga daya tahan tubuh. Karena vitamin C adalah antioksidan yang mampu memperkuat daya tahan tubuh. Makanan yang mengandung vitamin C adalah buah jeruk, paprika hijau dan merah, bayam, dan kiwi.

Tips Menjaga Kesehatan Saat Puasa

Menderita sakit flu saat sedang berpuasa merupakan hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, sebelum virus flu menghampiri lakukan pencegahan agar virus tersebut tidak mengganggu kesehatan Anda. Badan sehat tentunya dapat memberikan kesempatan untuk menjalankan ibadah di bulan ramadhan. Ini dia beberapa tips menjaga kesehatan saat berpuasa:

  • Menjaga pola dan jenis makanan yang Anda konsumsi saat sahur dan berbuka puasa. Pastikan  Anda mengonsumsi karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin yang cukup. 
  • Minum air putih minimal 2 liter atau 8 gelas sehari dan kurangi konsumsi kafein selama bulan puasa.
  • Istirahat yang cukup, minimal tidur 6 jam sehari. Namun, jangan tidur berlebihan karena terlalu banyak tidur akan membuat badan lemas.
  • Hindarkan diri dari stress.
  • Berolahraga secara teratur. Setidaknya lakukan kegiatan fisik seperti membereskan rumah, bersih-bersih, atau mencuci.

Jangan lupa selalu mengisi hari-hari Anda dengan kegiatan positif. Jika sedang terkena flu sebaiknya Anda menjaga jarak dengan orang lain. Gunakan masker atau sapu tangan saat bersin dan batuk, serta cucilah tangan sesering mungkin. Sakit flu merupakan penyakit yang mudah menular sehingga Anda harus benar-benar memperhatikan situasi ketika virus flu menyerang.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel