Inilah Tips Ampuh Atasi Rasa Haus Saat Puasa Ramadhan

Mengatasi rasa haus saat puasa adalah informasi yang akan segera dibutuhkan banyak umat Islam di Indonesia. Ya, dalam hitungan hari saja, bulan suci Ramadhan akan tiba sehingga muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Seperti yang sudah diketahui banyak orang, puasa adalah kondisi di mana muslim wajib menahan diri dari hawa nafsu, makanan dan minuman.

Selain hawa nafsu, hal lain yang kerap jadi rintangan di bulan suci Ramadhan adalah rasa haus saat puasa. Jika menahan lapar mungkin perut mampu, menahan haus justru jadi perjuangan apalagi Anda yang bekerja di lingkungan panas. Kondisi tubuh kekurangan cairan alias dehidrasi saat puasa merupakan hal wajar, karena semua dipengaruhi oleh apa saja yang Anda santap waktu sahur.

Nah supaya tidak haus berlebih dan lemas saat puasa Ramadhan, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa haus saat puasa.

haus saat puasa
Canva.com

Perhatikan Santapan Saat Sahur


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, banyak orang yang berpuasa mengalami dehidrasi karena makanan yang disantap waktu sahur. Tak banyak yang menyadari kalau masakan pedas meskipun ampuh bikin ‘melek’ saat sahur, justru bikin Anda mudah haus. Bahkan efek sampingnya bisa saja perut jadi panas dan tidak nyaman. Selain makan pedas, makanan yang terlalu asin juga bisa bikin Anda mudah haus.

Kenapa begitu? Karena makanan dengan kadar asin tinggi seperti ikan asin dan telur asin akan menarik banyak cairan tubuh. Daripada menyantap kedua makanan itu, Anda justru dianjurkan banyak konsumsi sayur dan buah seperti semangka, anggur dan melon untuk mengatasi rasa haus saat puasa. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk salad atau jus karena memang baik buah dan sayur bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh saat puasa.

Sementara untuk minuman, sebisa mungkin hindari yang mengandung kafein seperti kopi atau teh waktu sahur. Kedua minuman berkafein ini justru akan membuat Anda mudah haus dan sering buang air kecil alias bersifat Diuretik. Hal serupa juga terjadi pada minuman bersoda yang Diuretik pula.

Atur Pola Minum Saat Puasa


Apakah menurut Anda masih wajib minum 8 gelas/hari? Anjuran ini tak terlalu tepat karena menurut ahli gizi, yang tepat adalah disesuaikan dengan berat badan. Di mana standarnya ialah 40 cc/kg berat badan. Sehingga kalau berat badan Anda 60 kg, maka butuh 2.400cc alias dua liter air. Jika satu cup (gelas minuman kemasan) adalah 240ml, artinya Anda butuh setidaknya 10 cup/hari. 

Melissa Majumdar seorang ahli diet menyarankan untuk menghindari dehidrasi yang tepat adalah dengan minum air rutin sepanjang hari, bukannya langsung meneguk bergelas-gelas dalam sekali minum. Kenapa begitu? Karena jika langsung minum air dalam jumlah banyak bisa mengganggu proses elektrolit tubuh. Untuk pola minum saat puasa, minum cukup air saat sahur, berbuka dan malam hari usai ibadah salat Tarawih.

Membuat Ruangan Lebih Sejuk


Cara termudah lain ketika rasa haus muncul di jam-jam puasa adalah dengan membuat ruangan lebih sejuk. Coba nyalakan kipas angin atau AC saat suhu ruangan mendadak memanas. Ketika terpaksa di luar ruangan yang panas lalu kehausan, coba kompres dengan air dingin di area wajah dan leher. Anda pun bisa melanjutkan dengan mandi air dingin atau tentunya melakukan wudhu sebagai persiapan salat lima waktu.

Selain kompres air dingin, Anda juga bisa membuat semprotan (face mist) dari air biasa yang botolnya diletakkan di dalam kulkas sehingga sensasi dingin langsung terasa.

Perhatikan Aktivitas Saat Puasa


Yang namanya orang puasa tentu wajar lebih lemas karena tubuh harus menahan lapar dan haus. Untuk itulah supaya tidak bingung ketika rasa haus saat puasa menyerang, sebisa mungkin kurangi aktivitas berat. Namun bukan berarti Anda bisa malas-malasan.

Melakukan Istirahat yang Cukup


Bahkan dalam agama Islam, tidur ketika puasa pun dianggap ibadah. Dan memang sesuai dengan anjuran medis, Anda bisa istirahat sejenak ketika tubuh alami dehidrasi waktu puasa. Biarkan tubuh napping selama 15-30 menit lalu bangun lagi karena tidur singkat terbukti bikin tubuh tambah bugar. Atau Anda bisa melakukan meditasi dan yoga di lantai dingin. Dengan begitu konsentrasi atas rasa haus bakal berkurang.


Cermati Waktu Olahraga

Dan ini adalah cara atasi rasa haus saat puasa yang terakhir yakni cermati betul jam olahraga. Mereka yang rajin olahraga bahkan saat seharian berpuasa bisa bikin tubuh bugar. Hanya saja Anda harus memperhatikan betul intensitas olahraga waktu puasa. Ada baiknya Anda pilih olahraga ringan seperti jogging atau senam. Usahakan untuk berolahraga pada waktu 30-60 menit jelang buka dan 30 menit setelah berbuka.

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, tentu menjalankan ibadah puasa Ramadhan akan semakin menyenangkan. Tubuh bugar dan ibadah lancar? Jangan lupa untuk memahami betul seperti apa menahan rasa haus saat puasa dengan tepat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel