Inilah Tips Mencegah Lemas Berlebihan Saat Berpuasa

Kurangnya asupan makanan dan minuman saat berpuasa tak jarang menyebabkan timbulnya rasa lemas berlebihan. Walaupun merupakan hal biasa dan tidak membahayakan, keadaan seperti ini pasti membuat anda tidak nyaman karena tidak bisa menjalankan aktivitas anda secara maksimal. Jika tetap dibiarkan bukan tidak mungkin akan menimbulkan efek lain yang lebih berbahaya.

Penyebab datangnya rasa lemas yang berlebihan saat menjalankan puasa sangat bermacam-macam dan masing-masing orang pasti akan berbeda. Akan tetapi secara umum penyebab lemas berlebihan biasanya adalah karena tubuh anda kurang asupan nutrisi saat puasa sehingga tidak ada tenaga untuk melakukan aktivitas. Hal ini sebenarnya wajar dan hampir dialami semua orang yang melakukan puasa, akan tetapi jika sudah menjadi berlebihan anda juga perlu waspada.

Rasa lemas yang berlebihan saat menjalankan puasa bisa anda cegah dengan melakukan beberapa tips berikut ini.
lemas berlebihan
Canva.com

Tips Mencegah Lemas Berlebihan Saat Menjalankan Puasa


1. Konsumsi banyak air putih saat berbuka dan sahur

Dehidrasi atau kekurangan cairan merupakan penyebab utama munculnya rasa lemas berlebihan saat menjalankan puasa. Hal ini karena tubuh anda tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup sehingga tubuh anda bereaksi dengan menimbulkan rasa lemas yang luar biasa. Maka dari itu, ada baiknya anda mengonsumsi air putih yang cukup saat sahur dan berbuka agar kebutuhan cairan anda tetap terpenuhi.

2. Hindari makan gorengan

Berbuka dengan gorengan memang sudah menjadi kebiasaan terutama di kalangan masyarakat Indonesia. Selain praktis dan mudah ditemukan, gorengan dianggap memiliki porsi paling pas untuk mengganjal perut sebelum makan besar. Hal ini ternyata memberikan dampak buruk untuk bagi anda karena bisa menimbulkan rasa lemas yang berlebihan pada siang harinya. Hal ini karena kandungan lemak yang cukup tinggi pada gorengan bisa menimbulkan gangguan pada pencernaan anda.

3. Hindari minum es saat berbuka

Setelah seharian menahan lapar dan haus memang paling enak jika berbuka dengan yang segar-segar seperti es. Akan tetapi kebiasaan ini sebaiknya anda hindari karena bisa menimbulkan rasa lemas karena perut yang kosong apabila langsung terkena minuman dingin akan langsung berkontraksi dengan menimbulkan rasa perih dan kembung yang bisa berlangsung lama dan mengakibatkan timbulnya rasa lemas berlebihan saat menjalankan puasa pada esok harinya. 

4. Hindari makanan instan saat sahur

Mengonsumsi makanan instan atau cepat saji saat sahur hanya akan membuat anda merasakan lemas saat menjalankan puasa. Hal ini karena selain makanan instan mengandung bahan pengawet yang tidak sehat untuk kesehatan, kandungan lemak pada makanan ini cukup tinggi sehingga sangat cepat dicerna oleh lambung yang akan membuat anda lebih cepat merasa lapar.

Menu Sahur yang Tepat Agar Tidak Lemas Saat Menjalankan Puasa


Pemilihan menu sahur yang tepat sangat mempengaruhi kelancaran anda dalam menjalankan puasa karena akan menjadi bekal untuk menahan diri dari makan dan minum selama kurang lebih 14 jam. Oleh sebab itu, asupan makanan sahur harus terpenuhi agar tubuh tetap bugar hingga waktu berbuka tiba dan pastinya terhindar dari rasa lemas yang sering datang saat menjalankan puasa.

Menu sahur yang tepat haruslah memenuhi asupan nutrisi yang lengkap seperti karbohidrat, protein, lemak, serat, kalsium dan juga mineral. Agar lebih kuat menjalankan puasa, anda bisa memilih jenis karbohidrat komplek sebagai menu untuk sahur seperti beras merah. Jenis karbohidrat ini lebih lambat dicerna oleh tubuh sehingga memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Agar seimbang, anda bisa memilih protein dari daging, ayam, ikan, tahu atau tempe. Jangan lupa juga untuk menambahkan sayuran dalam menu sahur anda untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh anda. Jika diperlukan anda bisa melengkapi menu sahur anda dengan segelas susu sebagai sumber tenaga tambahan agar anda tidak lemas berlebihan saat puasa. Yang paling penting, hindari konsumsi makanan instan sebagai menu sahur karena selain tidak sehat, makanan instan hanya memberikan rasa kenyang sementara untuk anda.

Suplemen yang Bagus Dikonsumsi Saat Berpuasa


Untuk menjaga agar tubuh anda tetap fit dan tidak lemas berlebihan saat berpuasa, anda bisa mengonsumsi suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh anda. Anda bisa mengonsumsi madu murni sebagai suplemen tambahan agar tubuh anda bisa tetap sehat selama menjalankan puasa. Madu murni mengandung vitamin C alami yang berperan sebagai antioksidan. Selain itu kandungan glukosa yang cukup tinggi juga mampu menjadi sumber tenaga sehingga anda tidak akan mengalami lemas berlebihan saat berpuasa.

Selain suplemen yang mengandung vitamin C, anda juga perlu mengonsumsi suplemen yang mengandung multivitamin seperti B1, B6 dan B12 untuk memenuhi asupan vitamin yang anda butuhkan. Anda bisa mengonsumsinya setelah berbuka puasa untuk mengurangi efek mual. Selain itu, suplemen multivitamin juga bagus untuk mencegah timbulnya rasa lemas berlebihan saat menjalankan ibadah puasa. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel