Lemas Saat Puasa? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Menahan makan dan minum salam lebih dari 12 jam, tak jarang memang menimbulkan rasa lemas saat puasa. Walaupun hal ini umum dialami oleh sebagain besar orang yang tengah menjalankan puasa, akan tetapi keadaan ini pastinya bisa mengganggu aktivitas anda. Oleh sebab itu, hal-hal yang bisa menyebabkan timbulnya rasa lemas ketika menjalankan puasa harus dihindari.

Ketika anda merasa lemas dan lesu, pastinya anda tidak akan maksimal dalam menjalankan ibadah puasa. Padahal seperti yang anda ketahui, saat berpuasa apalagi puasa Ramadhan apapun yang anda lakukan akan dihitung sebagai ibadah oleh Tuhan. Maka dari itu akan sangat rugi jika anda harus menjalani puasa dengan gangguan rasa lemas.

lemas saat puasa
Foleon.com

Penyebab timbulnya rasa lemas dan lesu saat menjalankan puasa sangatlah beragam tergantung seberapa baik daya tahan tubuh anda dan juga pola hidup yang anda jalankan saat menjalankan ibadah puasa tersebut. Akan tetapi secara umum, penyebab rasa lemas saat puasa bisa anda pelajari seperti beberapa hal berikut ini agar anda bisa menghindarinya.

Penyebab Timbulnya Rasa Lemas Saat Puasa


1. Dehidrasi

Penyebab utama timbulnya rasa lemas saat menjalankan puasa adalah karena tubuh anda mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan akibat harus menahan minum selama lebih dari 12 jam. Agar kebutuhan cairan tubuh anda tetap terpenuhi, anda perlu minum cukup air putih saat sahur maupun berbuka.

2. Kekurangan asupan nutrisi

Selain kekurangan asupan cairan, kekurangan asupan nutrisi ternyata juga bisa memicu timbulnya rasa lemas saat puasa. Selama puasa kebutuhan tubuh akan nutrisi tetaplah sama, maka dari itu saat sahur maupun berbuka anda harus mengonsumsi makanan seimbang agar kebutuhan nutrisi tubuh anda tetap terpenuhi. Jika diperlukan anda bisa menambah konsumsi suplemen vitamin dan mineral.

3. Kurang olahraga

Menjalankan ibadah puasa bukan menjadi penghalang untuk tetap berolahraga secara rutin. Akan tetapi masih banyak yang berpikir bahwa olahraga saat puasa justru hanya akan membuat tubuh lemas. Padahal faktanya, dengan berolahraga secara rutin selama puasa bisa membantu penyerapan gula darah ke dalam otot sehingga tubuh menjadi lebih segar dan terhindar dari lemas saat puasa. 

4. Kurang istirahat

Terlalu sering begadang selama menjalankan puasa sangat tidak dianjurkan. Hal ini karena hanya akan menyebabkan tubuh anda mudah lemas. Maka dari itu anda perlu mengatur waktu istirahat dengan baik agar tubuh tetap bugar selama menjalankan ibadah puasa. Jika tubuh sehat dan bugar, anda bisa nyaman menjalankan ibadah puasa dan pastinya terhindar dari rasa lemas dan lesu saat puasa.

Cara Mengatasi Rasa Lemas Saat Menjalankan Puasa


Timbulnya rasa lemas saat menjalakan puasa memang bukanlah yang aneh. Hal ini karena tubuh tidak mendapatkan asupan selama lebih dari 12 jam. Akan tetapi bukan berarti puasa bisa dijadikan alasan untuk malas-malasan. Untuk mencegah dan mengatasinya, berikut ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghindari timbulnya rasa lemas saat puasa.

Pertama, anda harus menerapkan pola hidup dan pola makan yang baik selama menjalankan ibadah puasa. Selain mengonsumsi makanan dengan asupan nutrisi yang seimbang saat berbuka maupun sahur, istirahat cukup juga menjadi kunci agar anda tidak mengalami gangguan rasa lemas saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan. 

Kedua, rasa lemas saat puasa bisa saja timbul karena anda kurang aktivitas. Oleh sebab itu, walaupun tengah menjalankan puasa, anda tetap harus mengerjakan aktivitas anda seperti biasa contohnya dengan tetap bekerja melakukan aktivitas rumah tangga lainnya. Dengan banyaknya aktivitas yang anda kerjakan, maka akan semakin banyak pula gerakan yang anda lakukan. Dengan demikian rasa lemas dan lesu saat menjalankan puasa tidak akan pernah anda alami.

Jenis Makanan yang Bisa Mencegah Tubuh dari Rasa Lemas


Agar tubuh tidak selalu merasa lemas saat puasa, ada baiknya anda mengonsumsi makanan berikut ini saat berbuka maupun sahur :

1. Karbohidrat Komplek

Salah satu jenis makanan yang bisa mencegah timbulnya rasa lemas saat menjalankan puasa adalah karbohidrat komplek. Jenis makanan ini sangat baik untuk menjaga metabolisme tubuh karena cukup lambat dicerna oleh lambung sehingga memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Jenis makanan ini bisa anda dapatkan dari gandum dan beras merah. Anda bisa mengonsumsinya saat sahur maupun berbuka agar selama menjalankan puasa anda tidak mudah merasa lemas.

2. Makanan berserat tinggi

Selain karbohidrat komplek, makanan berserat tinggi juga cukup baik untuk mencegah timbulnya rasa lemas saat menjalankan puasa. Makanan yang berserat tinggi juga memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna sehingga memberikan rasa kenyang yang lebih lama. 

Anda bisa mengonsumsi sayuran dan buah-buahan untuk mendapatkan asupan serat yang cukup selama puasa. Dengan begitu, anda akan terhindar dari rasa lemas saat puasa sehingga anda bisa lebih maksimal menjalankan puasa Ramadhan. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel