Cara Alami Mengatasi Penyakit Asam Urat Agar Tidak Kambuh

Penyakit Asam urat merupakan suatu penyakit yang disebabkan karena tingginya kandungan asam urat yang terdapat dalam darah. Keadaan tersebut dapat terjadi ketika Anda banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak zat purin. Dimana zat purin apabila jumlahnya melebihi tidak dikeluarkan lewat urine tetapi menciptakan kristal pada sendi-sendi. 

Oleh karena itu Anda bagi penderita penyakit asam urat sebaiknya menghindar makanan yang memiliki kadar purin yang tinggi yaitu daging merah, tepung, seafood seperti udang, kepiting, dan lain sebagainya, kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang tanah, dan kacang lentil, produk gula, rokok, alkohol dan kafein.

Penyakit Asam urat
Unsplash.com

Gejala Rematik Asam Urat

Jika sudah melalui tes kadar asam urat dan jumlahnya dalam darah adalah tinggi, tetapi tidak terdapat keluhan asam urat maka Anda tidak perlu melakukan pengobatan. Namun sebaliknya jika kadar asam urat dalam tubuh normal tetapi justru mengalami gejala rematik asam urat, maka yang terjadi yaitu asam urat telah mengristal dan butuh pengobatan.

Ada beberapa gejala rematik asam urat yang perlu Anda kenali seperti mengalami nyeri pada persendian yang kadang datang dan hilang begitu saja, nyeri pada sendi ibu jari kaki, akibat nyeri sehingga sulit untuk berjalan, timbul kemerahan dan sendi sulit gerak, dan jika tidak diobati nyeri yang timbul dapat bertahan bisa lebih dari satu minggu.

Apakah Penyakit Asam Urat Dapat Disembuhkan?

Banyak orang bertanya-tanya sebenarnya apakah bisa asam urat dapat disembuhkan. Tidak sedikit pula yang mengira bahwa asam urat tidak bisa disembuhkan. Pada faktanya, asam urat tidak bisa disembuhkan secara total namun dapat dikendalikan. Artinya penyakit tersebut tidak bisa hilang, tetapi Anda bisa mengontrolnya supaya tidak kambuh. Beberapa pola gaya hidup akan dapat membantu Anda untuk mengendalikannya.

Cara Mengatasi Penyakit Asam Urat

Saat asam urat kambuh tentunya sangat menganggu aktivitas bahkan dapat mengganggu ibadah Anda saat bulan puasa. Rasa yang teramat nyeri pada persendian membuat siapa saja tidak ingin mengalami penyakit asam urat. Tidak perlu khawatir, karena dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai cara alami yang bisa Anda coba untuk mengontrol agar asam urat tidak kambuh.

1. Meminum jus mentimun

Jus mentimun merupakan minuman alkali alami yang dapat mengobati penyakit asam urat. Efek alkali yang ada di dalam jus mentimun dapat membantu sekaligus mencegah kristal yang menumpuk pada persendian. Anda dapat mengombinasikan jahe atau seledri untuk membuat jus mentimun ini. Kandungan gingerol dan sifat antioksidan jahe dapat meringankan rasa sakit dan pembengkakan.

Yang perlu Anda siapkan untuk membuat jus ini seperti satu buah mentimun yang berukuran sedang, seledri sebanyak 2 batang, sepotong lemon, dan jahe dengan ukuran kira-kira 2,5 cm. Sebelum Anda gunakan pastikan bahwa bahan-bahan tersebut telah dicuci bersih untuk menghindari kontaminasi yang mungkin akan menyebabkan masalah. Setelah Anda mencuci semua bahan-bahan tersebut, selajutnya adalah memtong bahan-bahan dengan ukuran yang kecil. 

Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan dan mempercepat proses penghalusan nantinya. Langkah selanjutnya yaitu menghaluskan semua bahan-bahan yang telah dipotong-potong dengan ukuran kecil menggunakan blender. Pastikan bahwa semua bahan telah halus seluruhnya. Kemudian pindahkan ke dalam gelas untuk diminum.

2. Jus nanas

Tidak kalah dengan mentimun, buah nanas juga mampu menghilangkan nyeri pada penyakit asam urat secara alami yaitu karena kandungan Bromelain yang terkandung didalamnya. Anda hanya perlu menyiapkan setengah buah nanas kecil, jahe dengan ukuran kurang lebih 1,5 cm, satu buah mentimun, dan satu buah jeruk nipis. Sebelum Anda memblendernya pastikan bahwa semua bahan telah bersih.

3. Jus pare

Selain kedua jus yang telah disebutkan diatas, terdapat 1 jenis sayur yang mampu meredakan rasa sakit dan peradangan yang diakibatkan penumpukan kristal pada sendi-sendi. Adapun bahan yang perlu Anda siapkan adalah seperempat pare yang berukuran kecil, seperempat buah lemon, satu buah apel hijau, seledri senbanyak 6 batang, mentimun ukuran kecil sebanyak satu buah, dan jahe dengan ukuran ibu jari.

Jangan pernah bosan karena jus-jus tersebut harus Anda minum setiap hari secara rutin. Jika Anda sedang menjalankan ibadah puasa, maka sebaiknya Anda meminum jus tersebut saat berbuka puasa. karena selain dapat menyembuhkan asam urat, jus-jus tersebut mampu memberi efek baik lainnya seperti dapat membersihkan organ hati, mendetok tubuh, dan dapat meningkatkan sirkulasi hati.

Demikianlah tips alami yang bisa Anda coba untuk dapat mengontrol kambuhnya asam urat. Walaupun seperti yang telah diketahui bahwa asam urat tidak bisa disembuhkan secara total, namun setidaknya Anda berusaha agar asam urat tidak kambuh. Cara-cara diatas bisa Anda lakukan sebagai salah satu usaha untuk mengontrol penyakit asam urat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel