Tips Praktis yang Ampuh Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

Banyak orang yang bertanya-tanya tentang cara mengatasi bau mulut saat puasa. Karena meskipun hal itu adalah sebuah kewajaran, bagi sebagian orang merasa kurang nyaman jika bau mulut.Terutama untuk mereka yang cukup banyak berkomunikasi dalam aktivitas kesehariannya. Bau mulut alami itu membuat mereka kurang percaya diri ketika harus berbicara.

Jika Anda salah satu orang dari mereka, tak perlu merasa risau karena Anda telah menemukan artikel yang tepat. Disini akan diulas tips-tips yang terbukti ampuh untuk mengatasi bau mulut saat puasa yang sangat praktis untuk dicoba.

mengatasi bau mulut saat puasa
Pexels.com

Inilah Tips Dalam Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

Agar bau mulut tidak semakin parah, anda harus mengatasinya dengan baik. Oleh karena itu penting sekali dalam menjaga kesehatan mulut anda saat puasa agar tidak menjadi bau mulut. Banyak cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi bau mulut. Untuk itu simaklah penjelasan berikut ini.

Menggunakan Teh Hijau Pahit 

Teh hijau saat ini semakin banyak digemari oleh orang-orang sebagai seduhan. Selain karena memiliki cukup banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan, ternyata teh ini juga bisa ampuh mengatasi bau mulut.  Karena kandungan zat polyphenol di dalamnya terbukti ampuh untuk mengatasi bakteri di mulut. Tapi ingat agar tips ini ampuh, harus mengonsumsinya tanpa gula.

Melakukan Pembersihan Karang Gigi

Karang gigi yang sudah menebal juga menjadi salah satu spot sarang bakteri yang akhirnya berujung menjadi bau mulut. Untuk Anda yang mempunyai karang gigi, sebaiknya segera lakukan konsultasi ke dokter gigi untuk mengatur jadwal pembersihan. Karena jika sudah bersih nantinya, bau mulut Anda juga akan berkurang dan mulut juga terasa lebih segar.

Mengonsumsi Banyak Air Putih 

Siapa yang menyangka bahwa hanya dengan mengosumsi lebih banyak air putih bisa mengatasi bau mulut saat puasa? Hal ini karena air putih akan mendorong lebih banyak produksi air liur. Karena itu kemudian mulut akan terus terjaga kebersihannya dan bau mulut pun juga bisa berkurang.

Menggosok Gigi Secara Rutin

Sisa-sisa makanan yang Anda makan akan menumpuk di sela-sela gigi dan kemudian menjadi sarang bakteri. Hal itu yang menimbulkan aroma tak sedap ketika bernafas atau berbicara. Karena itu tetaplah rutin menggosok gigi ketika berpuasa supaya kebersihan gigi tetap terjaga. Tak masalah menggosok gigi saat berpuasa selama airnya tidak ikut tertelan.

Membersihkan Lidah 

Meskipun gigi Anda sudah bersih dari sisa makanan tapi jika lidah Anda kotor, bau mulut tetap bisa muncul. Karena itu membersihkan lidah menjadi salah satu cara mengatasi bau mulut saat puasa yang penting juga untuk dilakukan. Tapi karena lidah memiliki bagian yang sensitif, jangan asal membersihkannya, tapi menggunakan alat yang seharusnya digunakan untuk membersihkan lidah.

Menggunakan Obat Kumur non-Alkohol 

Obat kumur sudah menjadi solusi yang umum digunakan untuk membunuh bakteri di mulut. Karena itu hal itu bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk menghindari bau mulut. Terutama jika Anda berkumur setelah menggosok gigi, efektivitasnya akan semakin tinggi. Tapi penting untuk memperhatikan bahwa obat kumur yang digunakan harus tanpa alkohol.

Menggunakan Benang Gigi 

Benda tipis ini juga bisa digunakan mengatasi bau mulut saat puasa karena kemampuannya untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi. Dengan begitu akhirnya bisa mencegah bakteri untuk bersarang dan menimbulkan bau mulut. Karena dipahami bahwa sisa makanan yang membusuk di sela-sela gigi bisa menjadi titik untuk bakteri-bakteri berkembang biak lebih banyak.

Melakukan Olahraga Secara Rutin 

Memang ini terdengar lumayan sulit, karena biasanya puasa membuat tubuh kita lemas dan akhirnya juga lebih malas untuk berolahraga. Tapi faktanya ini justru bisa membantu mengatasi bau mulut saat puasa karena zat racun yang menjadi penyebabnya ikut keluar ketika olahraga. Jika Anda merasa berat, bisa memilih olahraga yang lebih ringan supaya tidak lemas dan dehidrasi.

Faktor Penyebab Bau Mulut

Bau mulut memang bisa terjadi dengan siapa saja. Penyebab bau mulut juga beragam, maka dari itu penting sekali dalam menjaga kesehatan mulut. Dibawah ini beberapa hal yang menyebabkan bau mulut.

Makanan yang Lengket 

Makanan yang lengket di gigi juga bisa menjadi penyebab bau mulut karena sisa-sisa yang menempel di gigi bisa membusuk dan menjadi sarang bakteri. Jika Anda ingin mengonsumsi makanan lengket seperti cokelat, pastikan diimbangi dengan gosok gigi yang rutin. Supaya memastikan tidak ada sisa cokelat yang masih menempel di gigi.

Makanan yang Berbau

Sudah jelas kalau Anda mengonsumsi makanan yang berbau kurang sedap akhirnya menyebabkan bau mulut. Meskipun makanannya terlihat sangat enak, seperti jengkol misalnya, Anda harus bisa menahan diri. Jika memang Anda ingin berhasil mengatasi bau mulut saat puasa.

Tidur yang Berlebihan

Tahukah kenapa ketika bangun tidur Anda selalu merasa haus? Karena tidur membuat mulut kita kering. Ketika demikian, bau mulut pun akan lebih mudah keluar karena bakteri semakin berkembang di mulut. Karena itu meskipun mungkin badan terasa sangat lemas tapi lebih baik untuk tidak tidur berlebihan, supaya mulut Anda juga tidak terlalu kering.
Itulah beberapa tips praktis yang sudah terbukti ampuh untuk mengatasi bau mulut yang bisa Anda coba lakukan. Prinsipnya, jangan malas untuk menjaga kebersihan gigi dan rongga mulut supaya berhasil mengatasi bau mulut saat puasa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel