Kolesterol Jahat Naik Setelah Idul Adha, Ini Cara Mengatasinya

Merayakan Hari Raya Idul Adha adalah merupakan sesuatu yang menyenangkan untuk umat islam, akan tetapi ada bayangan kolesterol jahat naik setelah itu. Pada moment idul adha banyak umat muslim yang berkurban, sehingga persediaan daging pasti melimpah. Ada yang masak sate, gulai, rendang, tongseng dan berbagai olahan daging lainnya. Semua olahan daging tersebut pastinya mengandung kolesterol cukup banyak yang bisa menganggu masalah kesehatan.

Mengkonsumsi daging sebenarnya bagus untuk kesehatan asalkan masih dalam batas wajar. Akan tetapi, moment idul adha yang identik dengan daging melimpah selalu membuat orang kalap untuk menyantap berbagai olahan daging. Jika dibiarkan tanpa pengontrolan, hal ini bisa memicu naiknya kolesterol jahat (LDL) yang bisa membahayakan kesehatan tubuh Anda.

Agar Anda bisa tetap makan enak namun kolesterol tetap terjaga, maka perlu mengimbanginya dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mampu menurukan kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan asupan yang seimbang, Anda bisa mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh sehingga tidak berakibat buruk terhadap kesehatan.

Imbangi Makan Daging dengan Sayuran dan Buah-buahan


Untuk menjaga kadar kolesterol jahat (LDL) Anda tetap stabil saat idul adha, ketika makan daging Anda harus mengimbanginya dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Anda bisa mencampurkan salad atau acar pada menu makanan Anda, sehingga asupan nutrisi dalam tubuh Anda tetap stabil.

Selain itu, sayuran dan buah-buahan juga sangat kaya akan kandungan serat dan antioksidan cukup tinggi, yang sangat baik untuk mencegah kolesterol jahat menumpuk dalam tubuh. Kandungan serat pada sayur dan buah akan membawa lemat dan kolesterol jahat keluar bersama dengan kotoran. Dengan begitu, tidak akan ada penumpukan kolesterol dalam tubuh Anda.

Agar lebih mudah terserap oleh tubuh, Anda bisa mengakalinya dengan membuat jus buah atau sayuran. Manfaat yang Anda dapatkan akan tetap sama namun jauh lebih cepat di serap oleh tubuh, sehingga akan menghancurkan kolesterol jahat dengan lebih cepat pula. Akan tetapi, pastikan tidak menambahkan gula secara berlebihan ke dalam jus tersebut, agar manfaat yang bisa Anda dapatkan bisa maksimal.

Kolesterol Jahat
Sumber Gambar : pixabay.com

3 Makanan Enak Penurun Kadar Kolesterol Jahat


1. Alpukat

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, buah memang sangat bagus untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Akan tetapi salah satu jenis yang sangat baik dan cepat menurunkan kolesterol adalah alpukat. Buah ini mengandung sumber lemak tak jenuh tunggal dan serat tinggi yang keduanya sangat baik untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dan menekan kolesterol jahat.

2. Salmon 

Selain alpukat, makanan enak selanjutnya yang bisa mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh adalah ikan salmon. Ikan ini mengandung banyak asam lemak omega 3 yang baik untuk tubuh, karena bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dan menyehatkan jantung. Akan tetapi pastikan pengolahannya tepat agar kandungan baik tersebut tidak rusak. Anda bisa mengukus dan hindari memasak dengan cara menggorengnya.

3. Dark Chocolate

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa dark chololate bisa dijadikan sebagai penangkal kolesterol jahat. Hal ini karena kandungan cocoa yang ada dalam coklat tersebut mampu melindungi kolesterol jahat dalam darah dari oksidasi. Akan tetapi pastikan memilih dark chocolate dengan kadar cocoa 75-85% dan tidak menambahkannya dengan gula.

Tips Menjaga Kadar Kolesterol Dalam Tubuh Tetap Stabil


Setelah berhasil menurunkan kadar kolesterol jahat pasca idul adha, ada baiknya Anda tetap menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap stabil. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Salah satunya dengan melakukan olahraga secara rutin. Berdasarkan beberapa penelitian, olahraga bisa menaikkan kadar HDL dan menurunkan kadar LDL dalam tubuh, sehingga bagus untuk kesehatan jantung.

Selain olahraga, memperhatikan asupan makanan terutama jenis lemak yang Anda konsumsi juga sangat berpengaruh terhadap kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak tak jenuh, agar tidak memicu munculnya kolesterol jahat. Hindari lemak trans dan perbanyak lemak dengan jenis polyunsaturated seperti omega-3 dan monosaturated.

Menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap dalam kondisi normal juga bisa Anda lakukan dengan menjaga berat badan ideal. Orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas cenderung memiliki resiko gangguan kolesterol lebih besar. Maka dari itu, jika ingin kadar kolesterol tetap stabil pastikan berat badan Anda selalu ideal.

Itulah cara menjaga kolesterol agar tetap stabil saat idul adha tiba. Saat moment idul adha, memang banyak orang yang mengkonsumsi daging dalam jumlah terlalu banyak. Jika dibiarkan tanpa pengontrolan, hal ini bisa memicu naiknya kolesterol dalam tubuh yang bisa membahayakan kesehatan. Maka dari itu, pastikan mengimbangi konsumsi daging dengan makanan lain yang kaya serat, agar kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda tetap terkendali.

Referensi :
-http://m.detik.com/food/info-sehat/d-4660938/turunkan-kolesterol-tinggi-dengan-konsumsi-5-makanan-enak-ini
-http://www.google.com/amp/s/doktersehat.com/cara-menurunkan-kolesterol-tinggi/amp/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel