Gejala Kanker Usus Pada Wanita, Sering Tak Disadari

Siapa pun pasti akan dibuat panik ketika menyadari mengalami gejala kanker usus, termasuk pada wanita. Kanker usus adalah jenis tumor ganas yang biasanya menyerang bagian usus besar. Gejala yang paling umum dari kanker ini yaitu buang air besar berdarah. Seringkali penyakit ini diawali dengan tumor jinak seperti polip.

Hingga saat ini memang penyakit kanker usus belum diketahui secara pasti apa penyebabnya. Akan tetapi dalam beberapa hal diduga peningkatan risiko seseorang penderita kanker usus, yaitu jika tidak suka makan serat, merokok dan jarang berolahraga.

Gejala awal timbulnya penyakit ini memang jarang bisa diketahui secara jelas, terutama pada wanita. Padahal jika semakin awal terdeteksi maka kemungkinan kanker usus bisa disembuhkan. Oleh karenanya seseorang yang rentan atau resiko terhadap kanker usus, maka dianjurkan melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter mulai usia 45 tahun.

Kanker usus memang lebih beresiko pada orang lansia, namun tak sedikit juga pada usia produktif mengalami kanker usus. Untuk itu, dalam pembahasan ini kami akan mengulas tentang gejala kanker usus yang mungkin sering Anda sadari, terutama bagi kaum wanita. Simak penjelasannya berikut ini.

Gejala Kanker Usus
Sumber Gambar: freeimages.com

Mengenal Kanker Usus pada Wanita


Kanker usus memang dikenal sebagai penyakit yang menyerang orang dewasa hingga para lansia. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga bisa menyerang pada anak-anak. Jenis penyakit ini juga sering disebut sebagai kanker kolorektal. Biasanya gejala kanker usus awal ditandai dengan kumparan kumparan pada jaringan kanker jinak yang tumbuh pada usus besar. Gumpalan tersebut disebut sebagai polip.

Pertumbuhan polip tersebut bisa menjadi gejala awal munculnya sel kanker yang akan menyerang usus. Dalam sebuah penelitian di tahun 2015 menunjukkan bahwa wanita yang berusia 65 tahun, lebih beresiko terhadap kanker usus dibanding pria yang berada di usia yang sama. Angka kematian akibat penyakit ini juga lebih tinggi terjadi pada wanita dibandingkan pada laki-laki.

Melalui penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa wanita lebih beresiko untuk terkena kanker usus sebelah kanan atau proksimal daripada pria. Pertumbuhan sel kanker di sebelah kanan ternyata juga lebih agresif dibandingkan kanker usus sebelah kiri. Baik wanita maupun laki-laki memiliki faktor risiko untuk terkena kanker usus. Namun seringkali wanita mengira gejala kanker usus sebagai gejala wasir biasa. Sehingga seringkali tidak di terdeteksi lebih awal.

Gejala atau Tanda Kanker Usus pada Wanita


Ada beberapa gejala pada wanita yang menderita kanker usus dan mungkin selama ini tidak disadari. Berikut diantaranya:

Kebiasaan BAB yang berubah

Mengalami konstipasi diare serta berubahnya warna dan kepadatan feses bisa menjadi indikasi gejala kanker usus pada wanita. Namun gejala ini juga bisa disebabkan karena makanan atau jika terkena infeksi bakteri.

BAB yang Berdarah

Bab yang berdarah sering menjadi gejala utama indikasi awal munculnya kanker usus pada wanita. dalam beberapa waktu mungkin Anda akan melihat adanya bintik berwarna merah terang. Feses juga akan berwarna hitam atau gelap yang menandakan darah tersebut sudah mengering. sebaiknya Jika Anda sudah mengalami hal ini segera periksakan ke dokter agar bisa memastikan penyebabnya.

Sering Mengalami Kram perut

Apakah Anda pernah mengalami kram perut layaknya gejala PMS padahal belum lama ini menstruasi? Seringkali wanita tidak menyadari bahwa kram perut tidak hanya disebabkan karena siklus menstruasi saja. Hal inilah yang menjadi faktor kesalahpahaman yang berujung keterlambatan untuk mengetahui sejak dini tAnda awal kanker usus pada wanita.

Penurunan berat badan secara tiba-tiba

Mengalami penurunan berat badan secara tiba-tiba padahal sedang tidak menjalani program diet maka bisa menjadi salah satu indikasi gejala awal kanker usus. Apabila Anda mengalami penurunan berat badan hingga 4 sampai 5 kg dalam waktu yang relatif singkat dan tanpa alasan mungkin itu menandakan Anda terkena kanker usus besar.

Kapan Harus ke Dokter?


Setelah mengetahui beberapa gejala kanker usus seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lalu kapan kita harus ke dokter? sebaiknya Anda setelah melakukan pemeriksaan diri ke dokter jika merasakan beberapa keluhan seperti:

Mengalami sembelit berulang atau diare

Mengalami perubahan bentuk serta warna tinja yang tak kunjung hilang

Sering merasa BAB yang tidak tuntas dan seringkali BAB berdarah

Sebelumnya juga dikatakan bahwa penderita kanker usus besar memang tidak bisa merasakan gejala awal sama sekali. Apalagi bagi Anda yang tidak cukup jeli untuk melihat perubahan pada feses ketika sedang BAB. Oleh karena itu mengingat penyakit ini rentan menyerang pada usia 45 tahun, maka dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter agar bisa mengetahui sejak dini apakah Anda mengidap kanker usus besar atau tidak.

Itulah sedikit informasi yang bisa kami sampaikan tentang mengenal tanda-tanda dari kanker usus pada wanita. Salah satu hal mengapa banyak wanita yang tidak menyadari bahwa dirinya mengidap kanker usus, karena sering mengiranya sebagai gejala penyakit lain yang dianggap tidak berbahaya. Itulah mengapa edukasi seputar gejala kanker usus sangat penting untuk diketahui.

Referensi:

-https://www.alodokter.com/kanker-usus-besar
-https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/kanker-usus-besar/gejala-kanker-usus-wanita/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel