Menu Berbuka Puasa Terbaik Agar Kesehatan dan Berat Badan Tetap Terjaga

Tidak banyak yang tau bahwasanya menjaga berat badan itu juga bisa dilakukan selama puasa. Ada menu berbuka puasa terbaik untuk tetap bisa menjaga kesehatan Anda sekaligus menjaga berat badan. Orang banyak mengira bahwa untuk bisa kurus dan mendapatkan badan ideal harus dengan mengurangi porsi makan. Maka, ternyata teori ini tidak benar sama sekali malah akan membuat badan dan tubuh Anda menjadi semakin menderita. 

Lihat saja ada banyak sekali orang di luar sana yang memang kurus bawaan yang terlihat dari luar namun masih banyak lemak di tubuhnya. Malah sebaliknya, jika Anda perhatian coba lihat mereka yang badanya bagus dan body goals pasti tidak ada bagian yang berlemak. Malah, tubuh mereka itu terbentuk seperti muscle dan tidak ada yang kurus kering. Hal ini dikarenakan banyak mereka di luar sana yang tidak memahami teori sehingga ikut-ikutan. 

menu berbuka puasa terbaik
Pexels.com

Mitos Mengenai Untuk Menurunkan Berat Badan Harus Mengurangi Porsi Makan 


Ini benar-benar mitos, jika Anda tidak percaya juga tidak masalah namun yang pasti ini tidak benar. Ketika Anda makan sayur dalam jumlah yang banyak atau sedikit bisa juga menaikkan berat badan. Karena, fokus utama menurunkan berat badan yang berhubungan dengan makanan bukanlah hal itu. Melainkan kandungan gizi yang terkandung di dalam makan yang kita konsumsi itulah yang akan berpengaruh terhadap lebar atau melar badan kita. 

Menu berbuka puasa terbaik ini seringkali sangat diperhatikan oleh mereka para ahli gizi dan tidak sembarangan dibagikan informasinya dengan alasan tertentu. Karena, kebanyakan mereka itu membagikan informasi yang sangat berharga ini saat ada sharing session mengenai kesehatan atau event lain. Maka, untuk Anda yang pelit dalam hal ilmu dapat dipastikan Anda tidak akan mendapatkan benefit ini. Bermodalkan informasi copy paste dari orang lain saja tidak cukup, berusaha maksimal untuk mendapatkan sendiri informasi lain. 

Langkah Awal Mengetahui Kandungan Gizi yang Diperlukan Tubuh


Ini dia, Anda harus tau berapa banyak asupan yang harusnya masuk ke tubuh Anda dan berapa banyak yang tidak boleh. Mulai dari makanan yang harusnya Anda makan, buah, sayur, minuman, hingga air mineral sekalipun ada jumlah tertentu. Berikut ini beberapa langkah yang harus Anda ketahui:

1. Mengukur berat dan tinggi badan
Hal ini Anda lakukan untuk tau berapa jumlah asupan air yang harus Anda minum dan kalori yang bisa masuk ke dalam tubuh. Kalori harus Anda perhatikan dengan betul jika ingin menurunkan berat badan dan mencegah tubuh dari penyakit yang tidak diinginkan. Nantinya, setelah Anda cek berat dan tinggi badan langsung download aplikasi atau bisa cek di web “cek besaran kalori”. 

2. Pelajari kandungan dan nilai gizi dari makanan
Jangan cari tau masalah menu terlebih dahulu, namun coba pelajari sedikit demi sedikit kandungan dan nilai gizi dari makanan. Misalnya, beras itu berapa kandungan kalori dan lemaknya, bahkan sampai ke pisang goreng itu apakah mengandung kalori atau tidak. Sebagai langkah awal, Anda bisa mencari tau kandungan gizi dari makanan mentah saja, maka lama kelamaan Anda akan terbiasa.

3. Tentukan berapa kg berat badan yang ingin diturunkan
Ada beberapa dari mereka yang hanya fokus pada beberapa titik di tubuh untuk menghilangkan lemak, namun ada yang menurunkan berat badan. Hal ini bisa Anda lakukan dengan memilih menu berbuka puasa terbaik agar proses diet Anda tidak gagal. Dengan mengetahui berapa kg yang ingin Anda turunkan, akan lebih mudah memilih makanan dan menentukan berapa banyak nilai gizi yang Anda butuhkan.

Untuk sementara, cukup bahasan beberapa poin di atas saja yang akan dibahas. Anda masih berkempatan untuk mencari informasi lain mengenai hal ini. 

Menu Berbuka Puasa Terbaik Untuk Menjaga Berat Badan


Berikut ini ada beberapa hal yang harusnya Anda perhatikan saat memilih menu berbuka puasa agar berat badan terjaga:

1. Cara minum
Pastikan saat berbuka puasa itu Anda langsung minum air mineral kurang lebih 250-500 ml. Jangan minum minuman yang manis dan mengandung gula seperti sirup. Air kelapa masih dibolehkan asal tidak ada campuran gula, pastikan benar-benar air kelapa asli. 

2. Makan buah-buahan atau makanan yang mengandung enzyme
Untuk cara konsumsinya Anda harus mengkonsumsi makanan ini sebelum makan makanan utama. Beberapa makanan yang memiliki kandungan enzyme seperti pepaya, nanas, dan buah lain yang bisa Anda Googling sendiri. Ingat, jangan terlalu banyak dan berlebihan.

3. Prebiotik dan Probiotik
Untuk beberapa pilihan makanan yang memiliki kandungan keduanya ini bisa pilih seperti acar, yogurt, kol, rumput laut, sayuran hijau, kacang, oat, dan lainnya.

4. Makanan utama
Untuk makanan utama pastikan mengandung protein, karbohidrat, omega 3, dan selebihnya Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Jangan terlalu banyak dan berlebihan, jauhi makanan yang terlalu banyak kandungan minyak. 

5. Takjil
Pastikan akan takjil ini di akhir, karena inilah yang dianjurkan oleh pakar kesehatan, agar berat badan tetap terjaga dengan menu berbuka puasa terbaik

Itulah menu berbuka puasa yang bisa Anda coba, memang tidak terdengar seperti menu. Namun itulah yang bisa Anda kreasikan untuk menyajikan menu sehat versi Anda sendiri. Sehingga Anda bisa berbuka puasa dengan menu berbuka puasa terbaik yang nikmat dan juga sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel