Mengetahui Aturan Terlebih Dahulu Jika Membawa Bayi saat Mudik

Anda memiliki bayi dan bingung bagaimana membawa bayi saat mudik? Kehadiran buah hati di dalam suatu keluarga tentunya merupakan salah satu anugerah terindah yang pernah Anda alami, bukan? Rasa bahagia ini tentunya tidak ingin Anda simpan sendiri. Anda pasti juga ingin berbagi perasaan ini dan mengenalkan buah hati Anda pada keluarga, bukan?

Nah, momen mudik lebaranlah saat yang tepat di mana seluruh anggota keluarga berkumpul untuk saling bersilaturahmi. Akan tetapi, apakah boleh membawa bayi saat mudik? Jika mengingat betapa rentannya fisik seorang bayi, tentunya perasaan tidak tega pernah terbersit di hati Anda terlebih lagi di hati seorang ibu.

Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir karena pertanyaan seperti bolehkah mengajak bayi baru lahir untuk mudik? Pada usia berapakah bayi boleh diajak bepergian? Apa yang perlu dipersiapkan sewaktu mudik bersama bayi? Semua pertanyaan itu akan dikupas tuntas di dalam artikel ini dan berikut ini adalah penjabarannya.

membawa bayi saat mudik
Floeon.com

Bolehkah Mengajak Bayi Baru Lahir untuk Mudik?



Tidak terasa lebaran sebentar lagi akan datang. Apakah Anda dan keluarga berencana mudik? Akan tetapi bingung apakah boleh membawa bayi saat mudik terlebih lagi bayi yang baru saja lahir. Persoalan ini terkadang membuat para ibu dilema. Belum lagi jika harus menanggapi pembicaraan orang lain yang kerap lagi bernada tidak enak.

Lalu bagaimana baiknya? Apakah Anda harus menunda rencana mudik tahun ini? Jangan khawatir karena Anda tidak harus menunda rencana mudik Anda dan melewatkan waktu untuk berbagi kebahagiaan serta mengenalkan buah hati Anda pada keluarga Anda karena bayi yang baru saja lahir boleh saja diajak mudik asalkan tidak sedang flu berat. 

Flu berat pada bayi yang baru saja lahir dapat membuatnya lebih rewel. Selain itu, jika Anda mudik dengan naik pesawat, flu berat dapat membuat bayi Anda makin tidak nyaman dengan perubahan tekanan udara. Apabila Anda mudik menggunakan jalur darat, pastikan Anda membawa stok baju bayi yang cukup dan nyaman.

Pastikan bayi Anda tidak kepanasan maupun kedinginan terlebih lagi jika perjalanan yang ditempuh cukup jauh dan macet. Terlalu lama di jalan dapat menyebabkan bayi Anda rewel, jadi pastikan Anda menyusui bayi Anda atau pastikan Anda membawa stok ASI. Terakhir, pastikan Anda membawa bayi saat mudik saat kondisinya benar-benar sehat.

Usia Bayi Boleh Diajak Bepergian


Apakah boleh membawa bayi bepergian terlebih lagi membawa bayi saat mudik? Beberapa orang tua tidak masalah membawa bayinya yang masih merah pergi, tetapi ada pula yang tidak tega dan tidak memperbolehkan bayinya diajak bepergian. Hal ini pun akhirnya menjadi dilema, terutama bagi orang tua baru. 

Pada dasarnya tidak ada aturan dan anjuran baku yang menyarankan para orang tua mengenai kapan sebaiknya bayi boleh diajak bepergian. Akan tetapi, sebaiknya hindari mengajak bayi di bawah usia tiga bulan ke tempat umum atau keramaian. Hal ini dikarenakan daya tahan tubuh bayi yang masih rendah sehingga mudah terinfeksi penyakit.

Penyakit terumum yang dialami oleh bayi yang bepergian di antaranya adalah diare, penyakit kulit akibat gigitan serangga maupun infeksi kulit, demam akibat malaria dan demam berdarah, serta gangguan pernapasan. Sementara itu, bayi yang bepergian dengan pesawat dapat berisiko mengalami rasa nyeri pada telinga akibat perbedaan tekanan udara. 

Pada umumnya, masing-masing penerbangan memiliki standar tersendiri mengenai pada usia berapa bayi boleh diajak bepergian dengan pesawat dan kebanyakan memiliki peraturan minimal usia bayi dua minggu. Perlu diingat, jika bayi belum mendapatkan vaksinasi dan belum mencapai usia 3 bulan, hindarkan bayi dari keramaian.

Persiapan Mudik Bersama Bayi



Pada umumnya membawa bayi saat mudik setelah usia satu bulan diperbolehkan. Akan tetapi, Anda sebagai orang tua perlu melakukan persiapan khusus agar bayi Anda tetap nyaman dalam perjalanan jauh. Selain itu, pastikan pula keamanan dan keselamatan anak terjaga selama perjalanan. Apabila Anda naik mobil, maka gunakan car seat untuk bayi. 

Akan tetapi, terdapat pengecualian untuk pesawat terbang. Bayi yang boleh diajak bepergian dengan pesawat terbang sebaiknnya berusia 2-3 bulan karena pada saat itu daya tahan tubuh mereka sudah lebih kuat. Anda sebagai orang tua juga harus memastikan bayi Anda mendapatkan waktu istirahat secara berkala sehingga bayi tidak kelelahan.

Dengan begitu, kemungkinan bayi Anda rewel dan mudah jatuh sakit menjadi lebih sedikit. Pastikan Anda mencari informasi mengenai di mana kira-kira tempat pemberhentian yang dapat dijadikan tempat beristirahat untuk anak. Sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter apakah sekiranya bayi aman diajak mudik. Itulah aturan yang harus anda ketahui jika ingin membawa bayi saat mudik, semoga dapat membantu anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel