Inilah Ciri-ciri Pecandu Narkoba dan Cara Menjauhkan Anak dari Narkoba

Indonesia dan negara lainnya saat ini memang bisa dikatakan darurat narkoba, banyak orang tua yang mulai khawatir akan anak mereka. Hingga banyak tips dan cara menjauhkan anak dari narkoba dicari di situs dan sumber manapun. Tidak ada orang tua yang ingin anak mereka terjerumus ke dalam lubang kelam ini yang akan berpengaruh buruk pada masa depan anak. Narkoba bukan masalah membuat orang kecanduan dan terjerumus pergaulan bebas saja, kehidupan masa depan siapa saja pasti terenggut karena narkoba.

Seperti yang kebanyakan Anda lihat, ada banyak sekali tempat rehabilitasi narkoba itu memperlihatkan hal aneh. Hal aneh yang dimaksud itu seperti beberapa dari mereka yang sudah kecanduan narkoba dalam jangka waktu lama itu sudah sulit disembuhkan. Mereka bukan gila atau tidak sadarkan diri, mereka tau keberadaan sekitar namun tidak normal lagi. Saraf otak mereka sudah tidak berfungsi sebagaimana orang normal sehingga masa depan tidak terarah lagi.  

cara menjauhkan anak dari narkoba
Canva.com

Kenapa Narkoba Sangat Berbahaya?


Dibandingkan dengan hal negatif lainnya seperti merokok, narkoba bisa dikatakan tidak ada obatnya. Proses penyembuhan pun membutuhkan dana yang besar juga waktu yang lama dibandingkan dengan penyakit lainnya. Belum lagi jika Anda berasal dari keluarga yang kurang mampu, pemerintah pastinya tidak akan bisa mengcover semua dana untuk rehabilitas. Bahkan, sekarang ada spanduk yang bertuliskan efek terburuk dari penggunaan atau konsumsi narkoba.

Pertama, si konsumer bisa masuk ke penjara, kuburan, kantor polisi, atau rumah sakit. Pastinya hal ini sudah terpikirkan oleh mereka sang pecandu, namun sulit disembuhkan. Jika tidak polisi dan aparat hukum yang bertindak biasa di konsumer ini akan tetap menggunakan narkoba. Hal yang paling dominan menjadi pecandu narkoba tidak lain adalah kalangan remaja dan anak muda.

Kenapa mereka? Karena pada fase ini pastinya kita akan suka mencoba hal baru dan tidak terlalu memikirkan efek ke depan. Apalagi jika mereka melihat ada banyak kawan yang menggunakan narkoba itu baik-baik saja sekarang. Sebagai orang tua, Anda harus mengawasai sang anak dengan tepat meski mereka kelihatan biasa-biasa saja. Kalau bisa, jika Anda merasakan ada yang aneh dari mereka lakukan saja pemeriksaan narkoba, untuk bukti langsung dan cara menjauhkan anak dari narkoba

Ciri-Ciri Anak Pecandu Narkoba


Sebagai informasi tambahan bukan untuk menakut-nakuti, berikut ini akan dipaparkan ciri yang dimiliki oleh anak pecandu narkoba. 

1. Memberontak
2. Tidak nyaman berada di rumah
3. Sering menghabikan waktu di kamar secara sembunyi-sembunyi
4. Tercium bau yang tidak enak dari mulutnya
5. Kebanyakan pecandu itu perokok aktif
6. Terlalu sering meminta jajan atau uang dalam jumlah yang besar

Pastinya ada ciri lain yang bisa Anda jadikan pedoman untuk melihat dan mengawasi apakah sang anak pecandu atau bukan. Namun, tidak semua ciri yang disampaikan di atas itu mencerminkan 100% sang anak itu pecandu. Bisa memastikan kebenaran dengan cara chek up di lembaga yang berwenang. 

Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Menjauhkan Anak dari Narkoba


Sebagai orang tua, Anda masih memiliki kewajiban untuk menjaga dan mengasi sang anak agar tidak terjerumus ke lembah hitam narkoba. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk cara menjauhkan anak dari narkoba:

1. Bangun komunikasi yang baik
Karena kesibukan dan merasa canggung, kebanyakan dari orang tua tidak bisa membangun komunikasi dengan sang anak. Ada banyak faktor kenapa hal ini akhirnya bisa terjadi, namun tidak mustahil untuk Anda lakukan. Mulai dari sekarang, usahakan Anda mampu membangun komunikasi yang baik dan terbuka dengan sang anak. Karena ada banyak sekali keuntungan dari komunikasi dan ada banyak juga kerugian dari tidak adanya komunikasi yang baik. 

2. Beri pemahaman mengenai narkoba
Banyak orang tua merasa tidak pantas dan berguna membahas hal ini kepada sang anak. Mereka beranggapan bahwa sekola dan platform pendidikan lain sudah bertanggung jawab akan hal ini. Padahal, peran orang tualah yang sebenarnya paling penting dan harus sangat Anda perhatikan dengan cara memberi penjelasan sejelas-jelasnya mengenai hal ini kepada sang anak. 

3. Memberikan contoh baik
Memberikan atau mempraktikkan contoh yang baik pastinya harus dengan cara yang baik. Jangan menjadi kasar dan keras dengan sang anak, karena ini juga menjadi jalan buruk bagi mereka untuk mendengarkan penjelasan Anda. Maka, sebelum Anda berniat membangun karakter baik pada anak untuk cara menjauhkan anak dari narkoba, bangun karakter Anda sendiri terlebih dahulu.

4. Ciptakan keharmonisan keluarga
Ada waktunya Anda tegas, marah, dan juga menjadi orang tua yang harmonis agar anak merasa bahwa Anda juga punya rasa sayang. Karena, terkadang rasa sayang itu memang harus dipraktikkan untuk bisa dirasakan.

Beberapa cara yang sudah dijelaskan di atas terkadang tidak berjalan sebagaimana mestinya pada sebagian keluarga atau anak. Namun, untuk menemukan cara terbaik versi keluarga Anda dimulai dari mencoba cara-cara ini untuk dipraktikkan. Seperti istilah yang sering kita dengar “practices make perfect” itu sangat berlaku disini. Maka tidak ada salahnya mencoba cara menjauhkan anak dari narkoba dari sumber mana saja yang Anda dapatkan. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel