6 Cara Ampuh Memperbaiki Pola Tidur yang Berantakan, Recommended

Tidak sedikit orang di dunia ini memiliki pola tidur yang berantakan. Tidur menjadi salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan energi kita setelah sekian lama melakukan aktivitas yang padat. Selain itu, ketika anda memiliki tidur yang cukup, anda juga akan mendapatkan system imun yang sangat baik. Berbeda jika anda memiliki pola tidur berantakan maka anda tidak akan semangat dalam mejalani aktivitas. 

Pola Tidur yang Berantakan

Cara Memperbaiki Pola Tidur yang Tidak Tertatur

Ada berbagai macam penyebab mengapa seseorang memiliki pola tidur yang berantakan tersebut. Salah satunya adalah kebiasaan bergadang terutama yang dilakukan oleh generasi millennial. Nah, kebiasaan bergadang ini dilakukan karena mereka asyik bermain smartphone dan mengecek social media mereka tanpa sadar mereka tidak segera tidur. Inilah yang menyebabkan anda kesulitan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. 

Tak hanya itu saja, faktor usia ternyata juga bisa menyebabkan seseorang memiliki pola tidur berantakan seperti karena tuntutan pekerjaan yang mengharuskan mereka untuk begadang. Bagi anda yang ingin segera memiliki pola tidur yang normal kembali maka anda bisa menerapkan beberapa cara ampuh memperbaiki pola tidur yang berantakan dibawah ini. 

Segera Buat Rutinitas Tidur Anda yang Cukup

Waktu tidur normal yang harus dimiliki oleh semua orang adalah 7 hingga 8 jam per hari. Kendati demikian, waktu tidur setiap orang untuk mengembalikan energy mereka berbeda-beda. Inilah mengapa ada baiknya, anda segera membuat rutinitas tidur anda agar senyaman mungkin. Anda bisa segera menghilangkan apa saja yang menyebabkan tidur anda terganggu. 

Anda juga bisa membuat jam kapan anda akan tidur dan kapan harus terbangun pada jam yang sama. Lakukan cara yang satu ini dengan bertahap. Sebagai contohnya, anda mulai membiasakan diri untuk bangun lebih awal dibandingkan waktu bangun anda sebelumnya. 

Jangan Lupa Perhatikan Makana dan Minuman Anda

Jika anda memiliki pola tidur yang berantakan, maka bisa saja salah satu penyebabnya adalah karena makanan atau minuman yang anda konsumsi. Ada beberapa makanan dan minuman yang tidak boleh anda konsumsi ketika akan tidur. Diantaranya adalah makanan yang mengandung kafein seperti kopi dan teh. Jika anda ingin mengkonsumsi minuman tersebut, maka ada baiknya minum 12 jam sebelum tidur. 

Selain itu, anda juga harus menghindari untuk mengokonsumsi cairan yang berlebihan menjelang tidur seperti air. Hal ini tidak lain karena konsumsi air yang berlebihan bisa membuat anda buang air kecil lebih sering. Tak hanya itu saja, minuman yang mengandung alcohol dan makanan yang mengandung asam juga wajib untuk anda hindari karena akan mengganggu pola tidur anda menjadi pola tidur yang berantakan.

Jika Anda Memasang Alarm, Jangan Sampai Memencet Tombol Snooze

Salah satu cara yang sering dilakukan seseorang agar bisa bangun dengan tepat waktu adalah dengan memasang alarm. Memasang alarm memang bisa membantu anda untuk bangun, sayangnya tidak sedikit orang yang akhirnya kembali tidur lagi dengan memencet tombol snooze untuk menambah waktu tidur.

Hal inilah yang menjadi penyebab mengapa tidur anda semakin berantakan dan mengalami perubahan. Dengan anda memencet tombol snooze itulah menyebabkan siklus tidur anda terganggu. Oleh sebab itulah, anda bisa menghindari untuk tidak memencet tombol snooze. Dan setelah alarm anda berbunyi maka anda bisa segera bangkit untuk bangun. 

Jangan Lupa Untuk Menciptakan Lingkungan yang Senyaman Mungkin

Adapun penyebab lainnya mengapa anda memiliki pola tidur yang berantakan yakni karena lingkungan tidur anda yang tidak nyaman. Jika demikian, maka segeralah untuk melakukan perombakan untuk mendesain ruang tidur anda. Ada beberapa hal yang harus anda patuhi untuk menciptakan suasana kamar yang begitu nyaman. 

Beberapa hal penting tersebut diantaranya adalah mengurangi atau menghindari suara bising baik itu yang berasal dari luar atau dalam rumah. Saat ini telah ada banyak alat yang digunakan untuk menghambat kebisingan. Anda juga bisa mengatur suhu udara ang ada di kamar agar tetap sejuk, jangan lupa untuk menggunakan lampu tidur dan posisikan tubuh anda senyaman mungkin agar bisa tidur. 

Jangan Gunakan Lampu yang Terlalu Terang 

Tingkat cahaya yang ada didalam kamar anda ternyata juga bisa mempengaruhi tingkat kenyamanan anda untuk tidur. Jika cahaya di kamar anda terlalu terang maka tidur anda bisa terganggu. Inilah mengapa disarankan untuk menggunakan lampu tidur saat malam hari. Kamar dengan cahaya yang terlalu terang biasanya akan membuat anda mudah untuk terbangun.

Letakkan Gadget Anda Segera

Kebiasaan bermain gadget memang sdah tidak bisa dihilangkan lagi bagi kalangan masyarakat. Inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa anda tidak bisa tidur. Nah, untuk mendapatkan pola tidur yang baik dan teratur, anda bisa mematikkan gadget anda setelah memasuki waktu tidur.

Demikian beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk memiliki kualitas tidur yang bagus. Dengan tidur yang cukup maka anda bisa mendapatkan tubuh yang bugar kembali. Jika anda memiliki pola tidur yang berantakan, jangan lupa gunakan cara diatas.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel