Sudah Punya Asuransi Kesehatan, Masih Perlukan Asuransi Rawat Jalan? Ini Jawabannya

Asuransi kesehatan menjadi bekal yang harus kita miliki untuk membantu pembiayaan perawatan di rumah sakit ketika dibutuhkan. Setiap asuransi memberikan fasilitas dan layanan yang berbeda sehingga Anda harus bisa melakukan pemilihan yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Beberapa asuransi terkadang tidak menyertakan layanan pertanggungjawaban terhadap ra wat jalan.

Tidak semua penyakit atau gangguan kesehatan harus diselesaikan dengan rawat inap. Terkadang, kita lebih membutuhkan rawat jalan. Jika kondisinya seperti ini, lantas bagaimana kita bisa menggunakan asuransi yang dimiliki? Untuk itu, Anda perlu tahu apa saja manfaat memiliki asuransi rawat jalan.

Asuransi kesehatan

Mengenal Asuransi Kesehatan

Kesehatan menjadi satu aspek dalam kehidupan yang penting untuk dijaga. Sekaya apapun kita, jika mengalami masalah kesehatan, maka semua makanan enak pun rasanya pahit, beraktivitas tidak nyaman dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kita harus lebih memperhatikan jaminan untuk kesehatan.

Terlebih dengan beban biaya yang ditanggungkan pada kita saat sakit, maka akan sangat membebankan diri kita. Meskipun saat ini kita sedang dalam kondisi baik, sehat bugar, tidak ada salahnya jika kita mempersiapkan diri jikalau nantinya penyakit atau gangguan kesehatan datang menghampiri kita.

Salah satu persiapan yang bisa dilakukan adalah dengan memiliki asuransi kesehatan. Bukan untuk diri sendiri, tapi juga untuk keluarga. Bayangkan saja, ketika Anda sakit, biaya besar akan ditanggungkan pada keluarga dan akan membebani mereka. Jika Anda tidak ingin membebani orang lain ketika sakit, maka membuat asuransi untuk kesehatan adalah wajib. 

Meskipun tidak ada yang ingin sakit, tapi kita juga harus memikirkan bagaimana pembiayaan pengobatan dan perawatan jika nanti sakit. Dengan asuransi ini, maka pembiayaan kita akan sangat terbantu, sehingga kita bisa lebih fokus pada penyembuhan, bukan pada biayanya.

Manfaat Asuransi Rawat Jalan

Asuransi rawat jalan akan menanggung biaya dokter, biaya obat-obatan dan biaya laboratorium. Biasanya, asuransi kesehatan ini digunakan sebagai tambahan atau pelengkap asuransi rawat inap yang digunakan. 

Umumnya, perusahaan asuransi akan menerapkan berbagai kebijakan untuk layanan asuransi rawat jalan, seperti pembatasan pelayanan, pembatasan frekuensi kunjungan, pembatasan rumah sakit yang bisa didatangi dan lain sebagainya. Setiap perusahaan asuransi pastinya memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Lantas, apa manfaat dari asuransi rawat jalan ini?

Pada beberapa kondisi, kita mungkin lebih membutuhkan asuransi rawat jalan dibanding asuransi rawat inap. Meski begitu, bukan berarti kita tidak membutuhkan asuransi rawat inap karena keduanya penting sebagai jaminan untuk mendapatkan perawatan atau pengobatan demi menjaga kesehatan.
Pada dasarnya, asuransi rawat inap hanya bisa diklaim untuk pengobatan selama 2 hari di rumah sakit. Padahal, seringkali kita justru lebih membutuhkan rawat jalan, seperti berkonsultasi, obat-obatan yang dikonsumsi setiap hari dan lain sebagainya. 

Ketika Anda memiliki dua jenis asuransi kesehatan ini, maka ketika rawat inap Anda akan mendapatkan jaminan biaya pengobatan dan jika memang tidak diperlukan rawat inap lagi, Anda masih bisa mendapatkan tunjangan kesehatan ketika rawat jalan. 

Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Membeli Asuransi Rawat Jalan

Asuransi rawat jalan memang penting untuk dimiliki, terlebih jika kita lebih membutuhkan pengobatan rawat jalan. Meski demikian, kita juga tidak boleh membeli asuransi sembarangan. Terdapat 3 hal yang harus kita pertimbangkan terlebih dahulu sebelum akhirnya mantap untuk membeli asuransi tersebut. Berikut adalah 3 hal yang wajib Anda pertimbangkan:

1. Jumlah premi dan sesuaikan dengan penghasilan
Seperti halnya pada jenis asuransi kesehatan lainnya dimana Anda harus membayar sejumlah premi dalam kurun waktu lama. Anda harus memperhitungkan kembali, berapa premi yang harus dibayarkan. Sesuaikan pula dengan kemampuan keuangan Anda karena kebutuhan Anda pastinya bukan saja untuk membayar asuransi. 

Biasanya, asuransi rawat jalan memiliki premi yang lebih mahal dibanding rawat inap. Tapi, manfaat yang Anda dapatkan pastinya juga lebih banyak. Untuk itu, perhitungkan dengan baik.

2. System klaim dari asuransi
Pada umumnya, asuransi memiliki dua system, yaitu cashless dan reimburse. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan yang berbeda sehingga Anda bisa menyesuaikan system mana yang lebih cocok untuk kebutuhan Anda. System cashless mewajibkan Anda untuk melakukan pengobatan di rumah sakit tertentu sehingga Anda harus memastikan dulu lokasinya. Berbeda dengan reimburse dimana Anda harus membayar biaya pengobatan terlebih dulu.

3. Fasilitas yang diberikan
Masing-masing perusahaan asuransi pastinya memiliki kebijakan yang berbeda, terutama dalam urusan klaim dan cara mengajukannya. Anda harus memahami dan mengerti hal tersebut karena ini akan berpengaruh terhadap mudah tidaknya Anda mendapatkan bantuan biaya dalam pengobatan yang dilakukan. Tanyakan semua hal yang masih Anda bingungkan agar nantinya tidak terjadi masalah di kemudian hari. 

Penjelasan di atas menunjukkan bahwa asuransi untuk kesehatan memang sangat penting untuk dimiliki, baik asuransi rawat inap maupun asuransi rawat jalan. Namun, Anda harus memastikan jika asuransi kesehatan yang digunakan sesuai dengan kebutuhan agar tidak sia-sia.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel