Wajib Tahu! Ini Dia Deretan Penyakit Langka Mematikan di Dunia

Pernahkah Anda mendengar tentang jenis-jenis penyakit langka mematikan? Mungkin untuk jenis penyakit jantung, segala jenis kanker, diabetes atau lainnya, masih terasa familiar dan hampir sudah banyak kasus-kasus dari penyakit tersebut. Tahukah Anda, bahwa di dunia ini sebenarnya ada sekitar lebih dari 7.000 penyakit langka yang pernah diderita seseorang. Hanya saja, kebanyakan dari penyakit tersebut dan penderitanya tidak melaporkan dan masih minim sekali informasi tentang penyakit langka.

Wajib Tahu! Ini Dia Deretan Penyakit Langka Mematikan di Dunia
sumber foto: bigstockphoto.com

Apa Itu Penyakit Langka?

Lalu, sebenarnya yang dimaksud dengan penyakit langka? Penyakit langka atau dalam bahasa inggris disebut Rare Disorder adalah sebutan bagi suatu penyakit yang memiliki prevalensinya atau jumlah penderitanya sangat sedikit. Para ahli medis mendefinisikan penyakit langka sebagai penyakit yang diderita tidak lebih dari lima orang penduduk dari total penduduk sebanyak 100.000 (tidak lebih dari 0.5%).

Jadi katakan misalnya penduduk ada sejumlah 200 juta orang, maka yang berpotensi mengidap penyakit langka mematikan ada sebanyak 100.000 orang. Seiring berjalannya waktu, memang sudah banyak penyakit-penyakit langka yang sudah ditemukan penanganannya. Namun, masih banyak juga diantaranya yang belum ditemukan obatnya. Sehingga banyak sekali korban yang akhirnya meninggal dunia karena harus menderita penyakit langka.

Jenis-Jenis Penyakit Langka Mematikan

Berikut ada beberapa jenis penyakit langka mematikan yang cukup fenomenal dan hingga saat ini belum ditemukan penanganan yang tepat:

1. Progeria: Bayi Tua
Pernahkah Anda mendengar tentang salah satu penyakit aneh yang satu ini? Progeria adalah salah satu penyakit langka di dunia yang hanya dialami 1 dari 4 juta angka kelahiran. Sebuah penyakit kelainan genetic yang diidap bayi dimana mereka mengalami penuaan yang sangat cepat. Anehnya, penyakit ini bukan termasuk penyakit genetik dan hingga saat ini belum ditemukan penyebab serta obatnya.

Gejalanya ditandai dengan bayi yang mengalami kerontokan rambut dan pertumbuhan yang sangat menurun tajam. Gejala lainnya juga ditandai dengan wajah yang menyempit, mata menonjol, rahang mengecil, pembuluh darah terlihat hingga tulang rapuh. Progeria termasuk penyakit langka dan juga mematikan karena kebanyakan anak-anak yang menderita penyakit ini akan mengalami penyakit-penyakit lain yang umumnya diderita orang tua usia 50 tahunan.

2. Noma (Cancrum Oris)
Noma atau Cancrum Oris juga termasuk langka dan hingga saat ini belum dapat ditangani dengan pengobatan. Bahkan hampir 90% dari pengidap penyakit ini pada akhirnya meninggal dunia karena terserang komplikasi infeksi dari penyakit ini.

Noma sendiri adalah penyakit yang menyebabkan munculnya bisul di mulut dan di kelamin. Anehnya, bisul tersebut yang tadinya bisa dilihat dengan mata telanjang, namun bisa masuk ke dalam jaringan tubuh dan tidak muncul lagi. Sehingga bisul tersebut akan menyebabkan cacar melalui dalam tubuhnya. Umumnya penyakit langka mematikan ini terjadi pada anak-anak dengan usia 2 hingga 5 tahun.

3. CPRS (Complex Regional Pain Syndrome)
Penyakit langka ini menyebabkan sakit yang sangat luar biasa sehingga membuat para pengidapnya mengalami gejala kelelahan yang kronis karena kekurangan tenaga. Penyakit ini menyebabkan kerusakan pada sistem saraf di pusat otak. Dampak dari penyakit CPRS ini adalah kesehatan mental yang terganggu dan gangguan depresi yang berat.

4. Pica
Ini juga termasuk penyakit langka sekaligus aneh. Seseorang yang menderita Pica cenderung memiliki keinginan untuk memakan hal-hal yang aneh seperti kapur tulis, tanah, barang korek api, pasta gigi, puntung rokok atau lainnya. Sehingga hampir sebagian besar penderita Pica akan mengalami komplikasi dengan penyakit yang parah dan memicu kematian, tergantung dari apa yang dia makan.

Bagaimana Seseorang Bisa Terkena Penyakit Langka?

Mungkin pernah timbul pertanyaan di benak Anda, bagaimana seseorang bisa terkena penyakit langka, dan bahkan mematikan? Tahukah Anda, bahwa jika ada anggota keluarga, baik untuk ikatan darah yang dekat maupun jauh dan mengidap suatu penyakit tertentu, maka ada kemungkinan besar akan menurun pada keturunannya.

Meskipun ada beberapa penyakit langka mematikan yang tidak secara langsung diturunkan dari orang tua, namun para medis mengatakan bahwa potensi genektik adalah faktor paling besar seseorang mengidap suatu penyakit, termasuk jenis penyakit langka.

Hingga saat ini, untuk beberapa jenis penyakit langka tertentu memang belum bisa dideteksi penyebabnya secara pasti dan belum juga ditemukan penyebabkan. Salah satu cara yang masyarakat lakukan untuk menghindari dan mencegah dari penyakit langka adalah dengan tidak menikah dengan seseorang yang memiliki hubungan darah dekat.

Paling tidak, sebaiknya tidak menikah dengan seseorang yang masih satu kakek nenek. Ini karena penyakit langka umumnya bersifat resesif dimana masih ada kaitannya dengan hubungan secara genetik dan bisa memiliki kesamaan sel. Mungkin itulah sedikit informasi tentang penyakit langka mematikan di dunia.

Sumber: https://rarediseases.org/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel