Sering Disepelekan, Bibir Kering dan Pecah-pecah Bisa Mengindikasikan Penyakit Berbahaya

Bibir kering dan pecah-pecah seringkali menjadi keadaan yang tidak disukai oleh kebanyakan orang karena membuat penampilan menjadi kurang maksimal. Orang yang memiliki keadaan bibir seperti ini terkesan sedang tidak sehat. Alat kosmetik seperti lipstik pun tidak dapat menutupi keadaan bibir kering hingga pecah-pecah dengan sempurna. Karena ketika lipstik kering, justru pecah-pecah pada bibir semakin terlihat. 

Bibir kering membuat lapisan pada permukaan bibir menjadi pecah-pecah atau mengelupas, bahkan hingga mengeluarkan darah. Kondisi ini biasanya menandakan tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Tak hanya itu, kondisi bibir yang kering hingga berdarah pun dapat mengindikasikan adanya suatu penyakit yang cukup berbahaya pada tubuh. Untuk itu, anda harus perlu membaca artikel mengenai bibir kering dan pecah-pecah berikut ini.

Sering Disepelekan, Bibir Kering dan Pecah-pecah Bisa Mengindikasikan Penyakit Berbahaya

Penyebab Bibir yang Kering dan Pecah-pecah

Selain dehidrasi, banyak hal lain yang dapat menyebabkan bibir kering hingga berdarah. Salah satunya adalah kebiasaan membasahi bibir. Saat bibir tampak sedikit kering, biasanya secara tidak sadar anda kita akan membasahinya dengan menjilatnya agar tampak basah dan lembab. Namun, kebiasaan ini justru buruk karena air liur memiliki kandungan air, enzim, elektrolit serta komponen anti-bakterial yang membuat bibir menjadi lebih kering.

Selain itu, penyebab bibir kering dan pecah-pecah yaitu terlalu sering menggunakan pewarna bibir juga buruk bagi kesehatan bibir, karena formula pada lipstik bisa mengurangi kelembaban bibir dan menjadikan bibir semakin kering. Ada banyak hal lain lagi yang menjadi penyebab bibir kehilangan kelembabannya. Penyebabnya adalah terlalu berlebihan mengkonsumsi vitamin A, menggunakan produk lip plump, kebiasaan mendengkur, serta menggunakan pasta gigi yang mengandung deterjen.

Cara Mengatasi Bibir Yang Kering dan Pecah-pecah

Bibir yang kering dan pecah dapat diatasi dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah anda jumpai di sekitar anda. Salah satunya adalah madu. Madu telah terbukti berkhasiat dalam melembabkan kulit yang kering. Cara menggunakannya mudah, hanya dengan mengoleskannya pada bibir yang kering dan pecah-pecah secara rutin setiap sebelum tidur dan beraktivitas.

Selain itu, bahan lain yang dapat digunakan untuk melembabkan bibir adalah sayur wortel, tomat, mentimun dan lidah buaya. Dengan menggunakan bahan-bahan yang alami seperti ini, anda tak perlu mengkhawatirkan efek samping yang buruk, karena sudah dapat dipastikan semua bahan tersebut memiliki kandungan yang aman dan baik untuk kesehatan tubuh, bahkan kesehatan bibir anda.

Beberapa Penyakit yang Ditandai dengan Bibir Kering dan Pecah-pecah

Kekurangan cairan di dalam tubuh membuat fungsi kelenjar pada bibir dan bagian tubuh menjadi terganggu, sehingga mengakibatkan bibir atau bagian tubuh lainnya menjadi kering. Namun, keringnya bibir anda tidak hanya menandakan bahwa anda sedang dehidrasi. Keringnya bibir dapat menandakan beberapa penyakit, sehingga anda juga harus mewaspadainya. Berikut beberapa penyakit yang ditandai dengan kondisi bibir kering, pecah-pecah, hingga berdarah.

1. Kekurangan vitamin
Selain dehidrasi, bibir kering dan pecah-pecah juga bisa menandakan bahwa tubuh anda kekurangan asupan vitamin. Jika sudut mulut mengalami keretakan hingga menyebabkan luka, ini dapat menandakan bahwa tubuh anda sedang kekurangan vitamin A dan B, terutama vitamin B2, B6, dan asam folat. Sebaiknya, anda memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin A dan B.

2. Terinfeksi jamur
Jika bibir anda pecah-pecah di bagian sudut bibir, ini dapat menandakan bahwa anda sedang terkena infeksi jamur atau bakteri. Makanan menjadi salah satu sumber dari jamur dan bakteri. Untuk itu, sebaiknya anda tidak menjilat bagian bibir yang pecah-pecah menggunakan lidah agar jamur tidak tersebar ke bagian tubuh yang lain.

3. Tanda penyakit Kawasaki
Penyakit Kawasaki atau KD banyak diderita oleh anak-anak, namun tidak menutup kemungkinan bahwa orang dewasa pun dapat terserang penyakit ini. Selain bibir kering, gejala penyakit KD yaitu demam, muncul bercak merah seperti campak, sakit tenggorokan, dan beberapa bagian tubuh bengkak. Penyakit KD dapat memicu penyakit jantung yang bisa mengancam nyawa penderitanya. Untuk itu, segeralah periksa ke dokter apabila mengalami gejala seperti ini.

4. Tanda penyakit hipotiroid
Penyakit ini merupakan keadaan dimana tiroid tidak mampu menghasilkan jumlah hormon tiroid yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga membuat bibir tampak bengkak dan terasa gatal. Jika terserang penyakit ini, kulit akan menjadi kering yang menyebabkan bibir pecah-pecah, terjadi sembelit, kaki bengkak, kelelahan, denyut nadi melemah dan suhu tubuh menurun.

5. Tanda penyakit actinic cheilitis
Actinic cheilitis merupakan perubahan fisik pra-kanker yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari. Sebaiknya anda segera periksa ke dokter apabila bibir pecah-pecah anda tidak kunjung membaik.

Jika anda mengalami bibir yang kering, pecah-pecah, hingga berdarah, sebaiknya anda perlu mewaspadainya. Apalagi jika diiringi dengan gejala-gejala lain, karena kondisi bibir seperti ini dapat mengindikasikan penyakit yang ada dalam tubuh anda. Jika anda cepat tanggap, maka penyakit yang ditandai oleh bibir kering dan pecah-pecah yang kemungkinan menyerang tubuh anda dapat segera mendapat pengobatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel